GAYA BAHASA PERSONIFIKASI PADA IKLAN PARFUM DI BROSUR AVON DAN ORIFLAME

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bentuk gaya bahasa personifikasi dalam iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame, 2) Makna gaya bahasa personifikasi yang terdapat dalam iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame, dan 3) Pola Penggayaan gaya bahasa personifikasi ya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RATNAWATY, RATNAWATY
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10566/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995109200068608
author RATNAWATY, RATNAWATY
author_facet RATNAWATY, RATNAWATY
author_sort RATNAWATY, RATNAWATY
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bentuk gaya bahasa personifikasi dalam iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame, 2) Makna gaya bahasa personifikasi yang terdapat dalam iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame, dan 3) Pola Penggayaan gaya bahasa personifikasi yang terdapat dalam iklan parfum di Brosur Avon dan Oriflame. Objek penelitian dalam skripsi ini berupa tuturan personifikasi dalam bahasa iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame. Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan yakni teknik catat, yaitu mencatat gaya bahasa personifikasi pada iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame pada kartu data. Teknik lanjutan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik ganti, yaitu dengan menggantikan unsur-unsur tertentu satuan lingual tertentu. Dalam menganalisis data menggunakan metode agih yaitu metode yang alat penentunya merupakan bagian dari bahasa yang bersangkutan itu sendiri. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) di dalam brosur Avon dan Oriflame khususnya iklan parfum sering menggunakan gaya bahasa personifikasi untuk menggambarkan atau memberikan karakter tersendiri pada bagian-bagian yang berhubungan dengan parfum, (2) dalam iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame ditemukan bentuk-bentuk gaya bahasa personifikasi yang seharusnya dilekatkan kepada manusia, (3) bentuk-bentuk gaya bahasa personifikasi diartikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia maupun berdasarkan kalimat-kalimat yang mengikutinya, (4) pola penggayaan gaya bahasa personifikasi dikelompokkan menjadi: (a) melakukan ‘tindakan’, dan (b) melakukan ‘perbuatan’.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10566
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10566 https://eprints.ums.ac.id/10566/ GAYA BAHASA PERSONIFIKASI PADA IKLAN PARFUM DI BROSUR AVON DAN ORIFLAME RATNAWATY, RATNAWATY L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bentuk gaya bahasa personifikasi dalam iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame, 2) Makna gaya bahasa personifikasi yang terdapat dalam iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame, dan 3) Pola Penggayaan gaya bahasa personifikasi yang terdapat dalam iklan parfum di Brosur Avon dan Oriflame. Objek penelitian dalam skripsi ini berupa tuturan personifikasi dalam bahasa iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame. Penyediaan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan yakni teknik catat, yaitu mencatat gaya bahasa personifikasi pada iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame pada kartu data. Teknik lanjutan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik ganti, yaitu dengan menggantikan unsur-unsur tertentu satuan lingual tertentu. Dalam menganalisis data menggunakan metode agih yaitu metode yang alat penentunya merupakan bagian dari bahasa yang bersangkutan itu sendiri. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) di dalam brosur Avon dan Oriflame khususnya iklan parfum sering menggunakan gaya bahasa personifikasi untuk menggambarkan atau memberikan karakter tersendiri pada bagian-bagian yang berhubungan dengan parfum, (2) dalam iklan parfum di brosur Avon dan Oriflame ditemukan bentuk-bentuk gaya bahasa personifikasi yang seharusnya dilekatkan kepada manusia, (3) bentuk-bentuk gaya bahasa personifikasi diartikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia maupun berdasarkan kalimat-kalimat yang mengikutinya, (4) pola penggayaan gaya bahasa personifikasi dikelompokkan menjadi: (a) melakukan ‘tindakan’, dan (b) melakukan ‘perbuatan’. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10566/1/C.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10566/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10566/3/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10566/4/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10566/5/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10566/6/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10566/12/DAF.pdf RATNAWATY, RATNAWATY (2007) GAYA BAHASA PERSONIFIKASI PADA IKLAN PARFUM DI BROSUR AVON DAN ORIFLAME. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310020031
spellingShingle L Education (General)
RATNAWATY, RATNAWATY
GAYA BAHASA PERSONIFIKASI PADA IKLAN PARFUM DI BROSUR AVON DAN ORIFLAME
title GAYA BAHASA PERSONIFIKASI PADA IKLAN PARFUM DI BROSUR AVON DAN ORIFLAME
title_full GAYA BAHASA PERSONIFIKASI PADA IKLAN PARFUM DI BROSUR AVON DAN ORIFLAME
title_fullStr GAYA BAHASA PERSONIFIKASI PADA IKLAN PARFUM DI BROSUR AVON DAN ORIFLAME
title_full_unstemmed GAYA BAHASA PERSONIFIKASI PADA IKLAN PARFUM DI BROSUR AVON DAN ORIFLAME
title_short GAYA BAHASA PERSONIFIKASI PADA IKLAN PARFUM DI BROSUR AVON DAN ORIFLAME
title_sort gaya bahasa personifikasi pada iklan parfum di brosur avon dan oriflame
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10566/
work_keys_str_mv AT ratnawatyratnawaty gayabahasapersonifikasipadaiklanparfumdibrosuravondanoriflame