PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH I CAWAS TAHUN AJARAN 2006 / 2007

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar akuntansi, minat siswa terhadap prestasi belajar akuntansi, motivasi dan minat siswa terhadap prestasi belajar akuntansi secara bersama-sama serta menentukan besarnya sumbangan motivasi atau minat siswa terha...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: SUSILAWATI, ENDANG
格式: Thesis
語言:English
English
English
出版: 2006
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/10563/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar akuntansi, minat siswa terhadap prestasi belajar akuntansi, motivasi dan minat siswa terhadap prestasi belajar akuntansi secara bersama-sama serta menentukan besarnya sumbangan motivasi atau minat siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Program Studi Akuntansi SMK Muhammadiyah I Cawas Tahun Ajaran 2006/2007 sebanyak 120 siswa. Sampel penelitian berjumlah 92 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui metode angket untuk mendapatkan data motivasi dan minat siswa serta metode dokumentasi untuk mendapatkan data prestasi belajar akuntansi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu dengan menguji prasyarat analisisnya. Berdasarkan analisis regresi berganda, diperoleh persamaan garis regresi Y = 4,321 + 0,02582 X1 + 0,03869 X2. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan : Motivasi berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi (thitung = 3,041 > ttabel = (0,025;90) = 1,987), Minat berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi (thitung = 4,358 > ttabel = (0,025;90) = 1,987), secara bersama-sama motivasi dan minat siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi (Fhitung = 26,993 > Ftabel (0,05; 2 : 89) = 3,15) dan sumbangan tiap-tiap prediktor adalah : Sumbangan Relatif Motivasi (SR%) X1 = 17,20% ; Sumbangan Efektif Motivasi (SE%) X1 = 6,5% ; Sumbangan Relatif Minat (SR%) X2 = 82,80% ; Sumbangan Efektif Minat (SE%) X2 = 31,3%. Sumbangan Efektif X1 dan X2 sebesar 37,8 %. Dari kedua variabel tersebut, minat siswa lebih besar kontribusinya dibandingkan motivasi. Kata kunci : motivasi, minat, prestasi belajar akuntansi.