PENGARUH LATIHAN SOAL-SOAL DAN PENUGASAN DALAM PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II SMK PGRI DONOROJO PACITAN TAHUN AJARAN 2003/2007

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh metode latihan soalsoal dalam pembelajaran akuntansi keuangan terhadap prestasi belajar siswa, (2) Mengetahui pengaruh metode penugasan dalam pembelajaran akuntansi keuangan terhadap prestasi belajar siswa, (3) Mengetahui pengaruh latihan soal...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: Wibowo, Arif
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
出版: 2007
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/10546/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh metode latihan soalsoal dalam pembelajaran akuntansi keuangan terhadap prestasi belajar siswa, (2) Mengetahui pengaruh metode penugasan dalam pembelajaran akuntansi keuangan terhadap prestasi belajar siswa, (3) Mengetahui pengaruh latihan soal-soal dan penugasan dalam pembelajaran akuntansi keuangan terhadap prestasi belajar siswa kelas II SMK PGRI Donorojo Pacitan tahun pelajaran 2006/ 2007. Penelitian ini dilaksanakan dikelas II SMK PGRI Donorojo Pacitan Semester I tahun pelajaran 2005/2006. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas II yang terdiri atas 4 kelas, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara random sampling. Teknik analisis dengan Analisis Statistik Regresi Berganda. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan-latihan soal-soal dan penugasan terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil analisis yang memperoleh Fhitung > Ftabel 5,476>3,15). Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa ada pengaruh positif latihan soal-soal terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari nilai thitung > ttabel (2,031>1,991) pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil pengujian menunjukan bahwa ada pengaruh positif penugasan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari nilai thitung > ttabel (2,615>1,991) pada taraf signifikansi 5%. Artinya tinggi rendahnya prestasi belajar siswa ditentukan pula oleh tinggi rendahnya tingkat pengerjaan tugas. Semakin tinggi penugasan yang dilakukan siswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.