STUDI PERILAKU KONSUMEN ATAS PEMBELIAN BUSANA MUSLIM DI TOKO AL'AMIN SALATIGA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh variabel karakteristik konsumen yang terdiri dari budaya, sosial, kelompok dengan variabel produk yang terdiri dari kualitas, model, harga produk yang dibeli konsumen; (2) variabel karakteristik konsumen yang mempunyai pengaruh paling kuat te...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Chasanah, Siti Nur
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10538/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995102086529024
author Chasanah, Siti Nur
author_facet Chasanah, Siti Nur
author_sort Chasanah, Siti Nur
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh variabel karakteristik konsumen yang terdiri dari budaya, sosial, kelompok dengan variabel produk yang terdiri dari kualitas, model, harga produk yang dibeli konsumen; (2) variabel karakteristik konsumen yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap variabel produk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan alasan bahwa penelitian ini berusaha memecahkan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan suatu obyek penelitian yaitu dengan jalan mengumpulkan, menyusun, menganalisa data yang berupa faktor-faktor yang mempengaruhi pembeli atau konsumen dalam memutuskan untuk membeli busana muslim di toko Al-Amin Salatiga. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada Toko Busana Muslim Al-Amin Salatiga. Sampel yang digunakan adalah 30 orang, diambil secara aksidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis kualitatif dengan cara prosentase. Dari hasil analisis diketahui bahwa 1) Faktor lingkungan keluarga memberikan pengaruh terhadap pemakaian busana muslim, terbukti dari hasil analisis diketahui bahwa kecenderungan lingkungan keluarga responden sering memakai busana muslim sebanyak 46,67%. Tradisi dalam masyarakat responden juga mengatakan bahwa busana muslim merupakan pakaian yang mempunyai nilai tradisi, hal ini terbukti dari hasil analisis diketahui sebanyak 63,33% responden mengatakan setuju bahwa busana muslim merupakan pakaian yang memiliki nilai tradisi; 2) Dari sisi sosial, semua responden (100%) dalam penelitian ini berstatus pelajar dan atau mahasiswa, dengan uang saku kebanyakan < Rp 500.000 perbulan (76,67%), dengan jenjang pendidikan kebanyakan (96,67%) adalah pelajar SLTA; 3) Kebanyakan responden (83,33%) mengatakan bahwa harga yang ditawarkan sedang; 4) Kebanyakan responden (83,33%) mengatakan bahwa kualitas yang ditawarkan Toko Busana Muslim Al-Amin adalah sedang; 5) Dalam melakukan suatu pembelian di Toko Busana Muslim Al- Amin Salatiga, 80,00% responden mengatakan membeli tidak selalu didominasi karena faktor desain produk yang ditawarkan. Perlu diingat bahwa faktor-faktor tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena kedua faktor di atas merupakan satu kesatuan yang harus kita tinjau sebelum membeli sebuah produk tertentu. Kata kunci : karakteristik individu, faktor produk, keputusan pembelian busana muslim
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10538
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10538 https://eprints.ums.ac.id/10538/ STUDI PERILAKU KONSUMEN ATAS PEMBELIAN BUSANA MUSLIM DI TOKO AL'AMIN SALATIGA Chasanah, Siti Nur HD Management, Business and Labor Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh variabel karakteristik konsumen yang terdiri dari budaya, sosial, kelompok dengan variabel produk yang terdiri dari kualitas, model, harga produk yang dibeli konsumen; (2) variabel karakteristik konsumen yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap variabel produk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan alasan bahwa penelitian ini berusaha memecahkan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan suatu obyek penelitian yaitu dengan jalan mengumpulkan, menyusun, menganalisa data yang berupa faktor-faktor yang mempengaruhi pembeli atau konsumen dalam memutuskan untuk membeli busana muslim di toko Al-Amin Salatiga. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada Toko Busana Muslim Al-Amin Salatiga. Sampel yang digunakan adalah 30 orang, diambil secara aksidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis kualitatif dengan cara prosentase. Dari hasil analisis diketahui bahwa 1) Faktor lingkungan keluarga memberikan pengaruh terhadap pemakaian busana muslim, terbukti dari hasil analisis diketahui bahwa kecenderungan lingkungan keluarga responden sering memakai busana muslim sebanyak 46,67%. Tradisi dalam masyarakat responden juga mengatakan bahwa busana muslim merupakan pakaian yang mempunyai nilai tradisi, hal ini terbukti dari hasil analisis diketahui sebanyak 63,33% responden mengatakan setuju bahwa busana muslim merupakan pakaian yang memiliki nilai tradisi; 2) Dari sisi sosial, semua responden (100%) dalam penelitian ini berstatus pelajar dan atau mahasiswa, dengan uang saku kebanyakan < Rp 500.000 perbulan (76,67%), dengan jenjang pendidikan kebanyakan (96,67%) adalah pelajar SLTA; 3) Kebanyakan responden (83,33%) mengatakan bahwa harga yang ditawarkan sedang; 4) Kebanyakan responden (83,33%) mengatakan bahwa kualitas yang ditawarkan Toko Busana Muslim Al-Amin adalah sedang; 5) Dalam melakukan suatu pembelian di Toko Busana Muslim Al- Amin Salatiga, 80,00% responden mengatakan membeli tidak selalu didominasi karena faktor desain produk yang ditawarkan. Perlu diingat bahwa faktor-faktor tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena kedua faktor di atas merupakan satu kesatuan yang harus kita tinjau sebelum membeli sebuah produk tertentu. Kata kunci : karakteristik individu, faktor produk, keputusan pembelian busana muslim 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10538/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10538/4/BAB_II_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10538/7/BAB_IV_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10538/10/Lampiran.pdf Chasanah, Siti Nur (2007) STUDI PERILAKU KONSUMEN ATAS PEMBELIAN BUSANA MUSLIM DI TOKO AL'AMIN SALATIGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210010033
spellingShingle HD Management, Business and Labor
Chasanah, Siti Nur
STUDI PERILAKU KONSUMEN ATAS PEMBELIAN BUSANA MUSLIM DI TOKO AL'AMIN SALATIGA
title STUDI PERILAKU KONSUMEN ATAS PEMBELIAN BUSANA MUSLIM DI TOKO AL'AMIN SALATIGA
title_full STUDI PERILAKU KONSUMEN ATAS PEMBELIAN BUSANA MUSLIM DI TOKO AL'AMIN SALATIGA
title_fullStr STUDI PERILAKU KONSUMEN ATAS PEMBELIAN BUSANA MUSLIM DI TOKO AL'AMIN SALATIGA
title_full_unstemmed STUDI PERILAKU KONSUMEN ATAS PEMBELIAN BUSANA MUSLIM DI TOKO AL'AMIN SALATIGA
title_short STUDI PERILAKU KONSUMEN ATAS PEMBELIAN BUSANA MUSLIM DI TOKO AL'AMIN SALATIGA
title_sort studi perilaku konsumen atas pembelian busana muslim di toko al amin salatiga
topic HD Management, Business and Labor
url https://eprints.ums.ac.id/10538/
work_keys_str_mv AT chasanahsitinur studiperilakukonsumenataspembelianbusanamuslimditokoalaminsalatiga