STUDI PERILAKU KONSUMEN ATAS PEMBELIAN BUSANA MUSLIM DI TOKO AL'AMIN SALATIGA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh variabel karakteristik konsumen yang terdiri dari budaya, sosial, kelompok dengan variabel produk yang terdiri dari kualitas, model, harga produk yang dibeli konsumen; (2) variabel karakteristik konsumen yang mempunyai pengaruh paling kuat te...
-д хадгалсан:
Үндсэн зохиолч: | |
---|---|
Формат: | Дипломын ажил |
Хэл сонгох: | English English English English |
Хэвлэсэн: |
2007
|
Нөхцлүүд: | |
Онлайн хандалт: | https://eprints.ums.ac.id/10538/ |
Шошгууд: |
Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
|
Тойм: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh variabel
karakteristik konsumen yang terdiri dari budaya, sosial, kelompok dengan variabel
produk yang terdiri dari kualitas, model, harga produk yang dibeli konsumen; (2)
variabel karakteristik konsumen yang mempunyai pengaruh paling kuat terhadap
variabel produk.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan alasan
bahwa penelitian ini berusaha memecahkan masalah yang diselidiki dengan
menggambarkan suatu obyek penelitian yaitu dengan jalan mengumpulkan,
menyusun, menganalisa data yang berupa faktor-faktor yang mempengaruhi
pembeli atau konsumen dalam memutuskan untuk membeli busana muslim di
toko Al-Amin Salatiga. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada Toko
Busana Muslim Al-Amin Salatiga. Sampel yang digunakan adalah 30 orang,
diambil secara aksidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan
metode angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan analisis kualitatif dengan cara prosentase.
Dari hasil analisis diketahui bahwa 1) Faktor lingkungan keluarga
memberikan pengaruh terhadap pemakaian busana muslim, terbukti dari hasil
analisis diketahui bahwa kecenderungan lingkungan keluarga responden sering
memakai busana muslim sebanyak 46,67%. Tradisi dalam masyarakat responden
juga mengatakan bahwa busana muslim merupakan pakaian yang mempunyai
nilai tradisi, hal ini terbukti dari hasil analisis diketahui sebanyak 63,33%
responden mengatakan setuju bahwa busana muslim merupakan pakaian yang
memiliki nilai tradisi; 2) Dari sisi sosial, semua responden (100%) dalam
penelitian ini berstatus pelajar dan atau mahasiswa, dengan uang saku kebanyakan
< Rp 500.000 perbulan (76,67%), dengan jenjang pendidikan kebanyakan
(96,67%) adalah pelajar SLTA; 3) Kebanyakan responden (83,33%) mengatakan
bahwa harga yang ditawarkan sedang; 4) Kebanyakan responden (83,33%)
mengatakan bahwa kualitas yang ditawarkan Toko Busana Muslim Al-Amin
adalah sedang; 5) Dalam melakukan suatu pembelian di Toko Busana Muslim Al-
Amin Salatiga, 80,00% responden mengatakan membeli tidak selalu didominasi
karena faktor desain produk yang ditawarkan. Perlu diingat bahwa faktor-faktor
tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena kedua faktor di atas
merupakan satu kesatuan yang harus kita tinjau sebelum membeli sebuah produk
tertentu.
Kata kunci : karakteristik individu, faktor produk, keputusan pembelian
busana muslim |
---|