PENGARUH PENENTUAN HARGA JUAL DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN KAPAS PUTIH DI KLATEN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penentuan harga jual terhadap volume penjualan; (2) pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan dan (3) pengaruh penentuan harga jual dan biaya promosi terhadap volume penjualan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan harga ju...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: WULANDARI, KRISTIANA TRI
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
出版: 2007
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/10531/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penentuan harga jual terhadap volume penjualan; (2) pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan dan (3) pengaruh penentuan harga jual dan biaya promosi terhadap volume penjualan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan harga jual (X1) dan biaya promosi (X2) sebagai variabel bebas dan volume penjualan sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah data harga jual, data biaya promosi dan data volume penjualan untuk tahun 1996-2005. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan interview. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t. Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi Y = 51314,142 - 5,481X1 + 0,004X2. Dari persamaan tersebut diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh negatif antara harga jual terhadap volume penjualan, terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien regresi harga jual sebesar -5,481 sedangkan biaya promosi penjualan memberikan pengaruh positif terhadap volume penjualan, terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien regresi biaya promosi sebesar 0,004; (2) terdapat pengaruh signifikan antara harga jual terhadap volume penjualan, terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai thitung (- 2,174) < -ttabel (-2,052) dengan tingkat signifikansi 0,039 dan terdapat pengaruh signifikan antara biaya promosi terhadap volume penjualan, terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai thitung (5,886) > ttabel (2,052) dengan tingkat signifikansi 0,000; (3) terdapat pengaruh positif antara harga jual dan biaya promosi terhadap volume penjualan, terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai Fhitung (22,184) > Ftabel (3,32) dengan tingkat signifikansi 0,000.