DESAIN PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC JURUSAN SURAKARTA – JOGJAKARTA (Studi Kasus PO. Suharno)

Semakin berkembangnya suatu daerah menuntut suatu aktifitas yang serba cepat, salah satu diantaranya adalah kota Surakarta dan Jogjakarta. Guna mendukung pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lain, dibutuhkan adanya suatu moda transportasi pendukung yang dapat mengakomodir keinginan masyarakat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rifai, Muhammad
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10529/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995100440264704
author Rifai, Muhammad
author_facet Rifai, Muhammad
author_sort Rifai, Muhammad
collection ePrints
description Semakin berkembangnya suatu daerah menuntut suatu aktifitas yang serba cepat, salah satu diantaranya adalah kota Surakarta dan Jogjakarta. Guna mendukung pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lain, dibutuhkan adanya suatu moda transportasi pendukung yang dapat mengakomodir keinginan masyarakat dalam memilih moda transportasi. Penggunaan kendaraan umum yang bersifat masal akan lebih efektif dalam hal pemanfaatan ruang jalan dibandingkan dengan kendaraan pribadi, karena dapat memindahkan orang dalam kapasitas angkut yang besar dalam sekali jalan. Untuk lebih memasyarakatkan penggunaan kendaraan umum perlu adanya perbaikan dan peningkatan atribut pelayanan, salah satu diantaranya dengan menyediakan moda transportasi cepat untuk rute Surakarta – Jogjakarta. Saat ini terdapat 11 PO. yang melayani angkutan rute Surakarta – Jogjakarta maupun sebaliknya, yang kesemuanya melayani angkutan kelas ekonomi dengan PO. Suharno salah satu diantaranya. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengumpulkan data-data yang menunjang, baik data primer maupun sekunder. Data-data primer meliputi data karakteristik penumpang bus, data karakteristik bus, load factor dan data alternatif pilihan responden, sedangkan data-data sekunder meliputi rute angkutan, jumlah kendaraan dan komponen biaya operasional kendaraan (BOK). Dari hasil analisis penelitian didapat biaya operasional kendaraan bus reguler (PO. Suharno) antara lain : BOK per bus-km sebesar Rp. 4.050.79, load factor statis sebesar 71,51% seangkan load factor dinamisnya sebesar 123,22%. Tarif lapangan saat ini (2010) untuk tujuan Surakarta – Jogjakarta sebesar Rp. 9.000,. Tarif menurut suvai load factor dan BOK berdasarkan stage sebesar Rp. 8.700,18, sedangkan berdasarkan flat tarifnya sebesar Rp. 5.049,02 untuk tujuan Surakarta – Jogjakarta. BOK patas AC untuk tujuan Surakarta – Jogjakarta dan sebaliknya sebesar Rp. 5.282,98 per bus-km, dengan load factor statis rata-rata sebesar 70,16% dan load factor dinamis rata-ratanya sebesar 89,86%. Dari hasil analisis perhitungan didapat tarif berdasarkan stage untuk bus patas AC tujuan Surakarta – Jogjakarta sebesar Rp. 14.253,95, untuk tujuan Surakarta – klaten sebesar Rp. 7.512.18, untuk tujuan klaten – jogja sebesar Rp. 6.741.40,. kemudian besarnya tarif bila dihitung flat adalah sebesar Rp. 10.389,. Tarif menurut pemintaan penumpang (demand) dengan metode stated preference adalah Rp. 11.000,. karakteristik bus patas AC rencana : waktu perjalanan dari terminal asal ke terminal tujuan sebesar 1,4 jam, kemungkinan duduk 100%, terdapat fasilitas AC, dengan headway rata-rata sebesar 5,94 menit dan kebutuhan jumlah armada sebanyak 38 unit dengan kapasitas 43 tempat duduk.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10529
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10529 https://eprints.ums.ac.id/10529/ DESAIN PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC JURUSAN SURAKARTA – JOGJAKARTA (Studi Kasus PO. Suharno) Rifai, Muhammad TA Civil Engineering Semakin berkembangnya suatu daerah menuntut suatu aktifitas yang serba cepat, salah satu diantaranya adalah kota Surakarta dan Jogjakarta. Guna mendukung pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lain, dibutuhkan adanya suatu moda transportasi pendukung yang dapat mengakomodir keinginan masyarakat dalam memilih moda transportasi. Penggunaan kendaraan umum yang bersifat masal akan lebih efektif dalam hal pemanfaatan ruang jalan dibandingkan dengan kendaraan pribadi, karena dapat memindahkan orang dalam kapasitas angkut yang besar dalam sekali jalan. Untuk lebih memasyarakatkan penggunaan kendaraan umum perlu adanya perbaikan dan peningkatan atribut pelayanan, salah satu diantaranya dengan menyediakan moda transportasi cepat untuk rute Surakarta – Jogjakarta. Saat ini terdapat 11 PO. yang melayani angkutan rute Surakarta – Jogjakarta maupun sebaliknya, yang kesemuanya melayani angkutan kelas ekonomi dengan PO. Suharno salah satu diantaranya. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengumpulkan data-data yang menunjang, baik data primer maupun sekunder. Data-data primer meliputi data karakteristik penumpang bus, data karakteristik bus, load factor dan data alternatif pilihan responden, sedangkan data-data sekunder meliputi rute angkutan, jumlah kendaraan dan komponen biaya operasional kendaraan (BOK). Dari hasil analisis penelitian didapat biaya operasional kendaraan bus reguler (PO. Suharno) antara lain : BOK per bus-km sebesar Rp. 4.050.79, load factor statis sebesar 71,51% seangkan load factor dinamisnya sebesar 123,22%. Tarif lapangan saat ini (2010) untuk tujuan Surakarta – Jogjakarta sebesar Rp. 9.000,. Tarif menurut suvai load factor dan BOK berdasarkan stage sebesar Rp. 8.700,18, sedangkan berdasarkan flat tarifnya sebesar Rp. 5.049,02 untuk tujuan Surakarta – Jogjakarta. BOK patas AC untuk tujuan Surakarta – Jogjakarta dan sebaliknya sebesar Rp. 5.282,98 per bus-km, dengan load factor statis rata-rata sebesar 70,16% dan load factor dinamis rata-ratanya sebesar 89,86%. Dari hasil analisis perhitungan didapat tarif berdasarkan stage untuk bus patas AC tujuan Surakarta – Jogjakarta sebesar Rp. 14.253,95, untuk tujuan Surakarta – klaten sebesar Rp. 7.512.18, untuk tujuan klaten – jogja sebesar Rp. 6.741.40,. kemudian besarnya tarif bila dihitung flat adalah sebesar Rp. 10.389,. Tarif menurut pemintaan penumpang (demand) dengan metode stated preference adalah Rp. 11.000,. karakteristik bus patas AC rencana : waktu perjalanan dari terminal asal ke terminal tujuan sebesar 1,4 jam, kemungkinan duduk 100%, terdapat fasilitas AC, dengan headway rata-rata sebesar 5,94 menit dan kebutuhan jumlah armada sebanyak 38 unit dengan kapasitas 43 tempat duduk. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10529/1/D100020106.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10529/2/TA_KESELURUHAN.pdf Rifai, Muhammad (2010) DESAIN PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC JURUSAN SURAKARTA – JOGJAKARTA (Studi Kasus PO. Suharno). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. D100020106
spellingShingle TA Civil Engineering
Rifai, Muhammad
DESAIN PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC JURUSAN SURAKARTA – JOGJAKARTA (Studi Kasus PO. Suharno)
title DESAIN PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC JURUSAN SURAKARTA – JOGJAKARTA (Studi Kasus PO. Suharno)
title_full DESAIN PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC JURUSAN SURAKARTA – JOGJAKARTA (Studi Kasus PO. Suharno)
title_fullStr DESAIN PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC JURUSAN SURAKARTA – JOGJAKARTA (Studi Kasus PO. Suharno)
title_full_unstemmed DESAIN PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC JURUSAN SURAKARTA – JOGJAKARTA (Studi Kasus PO. Suharno)
title_short DESAIN PENETAPAN TARIF BUS PATAS AC JURUSAN SURAKARTA – JOGJAKARTA (Studi Kasus PO. Suharno)
title_sort desain penetapan tarif bus patas ac jurusan surakarta jogjakarta studi kasus po suharno
topic TA Civil Engineering
url https://eprints.ums.ac.id/10529/
work_keys_str_mv AT rifaimuhammad desainpenetapantarifbuspatasacjurusansurakartajogjakartastudikasusposuharno