HUBUNGAN ANTARA MINAT MENJADI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH MICRO TEACHING (Penelitian Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FKIP-UMS Angkatan 2004)
Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan minat menjadi guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata kuliah mirco teaching (Penelitian pada mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi angkatan 2004). Dalam penelitian ini populasi yang akan di teliti adalah seluruh maha...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10515/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan minat
menjadi guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata kuliah mirco
teaching (Penelitian pada mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi angkatan
2004). Dalam penelitian ini populasi yang akan di teliti adalah seluruh mahasiswa
pendidikan akuntansi angkatan 2004 yang ber jumlah 129 orang dan mengigat
populasi lebih dari 100, maka penelitian ini mengunakan proporsional random
sampling yang di ambil sampel sebanyak 97 mahasiswa. Sampel diperoleh dengan
menggunakan table krijcle dangan taraf kepercayaan 95%. Pengumpulan data
minat menjadi guru, motivasi belajar dengan menggunakan angket, sedangkan
prestasi belajar mata kuliah mikro di peroleh dengan menggunakan metode
dokumentasi. Metode analisis data munggunakan, regresi linier berganda, uji t dan
uji F.
Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian adalah: (1) persamaan regresi
penelitian Y = 37,566 + 0,714 X1 + 1,365 X2, persamaan tersebut terlihat bahwa
koefisien X1 memiliki tanda positif (+), tanda positif pada koefisien regresi X1
tersebut memberikan arti bahwa setiap kenaikan variabel X1 akan diikuti oleh
kenaikan pada variabel Y, dan sebaliknya bila terjadi penurunan pada variabel X1
akan mengakibatkan penurunan pada variabel Y. Koefisien X2 juga memiliki
tanda positif (+), yang berarti juga kenaikan variabel X2 akan diikuti oleh
kenaikan pada variabel Y, dan sebaliknya bila terjadi penurunan pada variabel X2
akan mengakibatkan penurunan pada variabel Y. (2) Uji t menunjukkan thitung
minat menjadi guru 3,396 dan thitung motivasi belajar 5,973 dengan ttable 1,960,
karena thitung > ttable maka minat menjadi guru dan motivasi belajar berpengaruh
signifikan terhadap prestasi belajar mata kuliah Micro Teaching. (3) Uji F
diperoleh Fhitung 39,852 dan F tabel 3,07 karena Fhitung > Ftabel, maka disimpulkan
minat menjadi guru dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi
belajar mata kuliah Micro Teaching. (4) minat menjadi guru memberikan
sumbangan relatif sebesar 35,27% dan sumbangan efektif sebesar 16,18% dan
motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 64,73% dan sumbangan
efektif sebesar 29,71%, dengan demikian variabel motivasi belajar memiliki
pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar matakuliah micro teaching
dibandingkan variabel minat menjadi guru. (5) pengaruh besarnya variabel bebas
terhadap variabel terikat adalah 45,9%, yang berarti 45,9% pengaruh minat
menjadi guru dan motivasi belajar, sedangkan sisanya sebesar 54,1% dipengaruhi
oleh variabel lain di luar model.
Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Micro
Teaching |
---|