PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM BIMBINGAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH 3 MASARAN – SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh partisipasi siswa dalam bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa, 2) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa, 3) Mengetahui pengaruh partisipasi siswa dalam bimbingan belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yulianingsih,, Ririn
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10510/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh partisipasi siswa dalam bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa, 2) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa, 3) Mengetahui pengaruh partisipasi siswa dalam bimbingan belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 3 Masaran – Sragen Tahun Pelajaran 2006/2007. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan metode angket untuk data variabel partisipasi siswa dalam bimbingan belajar dan lingkungan keluarga dan dokumentasi untuk pengumpulan data variabel hasil belajar. Dalam penelitian ini yang digunakan sebagai subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 3 Masaran – Sragen Tahun Pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 63 siswa. Jadi dalam penelitian ini tidak ada pengambilan sampel, sehingga sampling atau teknik pengambilan sampel juga tidak ada. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier ganda, uji t dan uji F. Hasil analisis menunjukkan bahwa partisipasi siswa dalam bimbingan belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa diperoleh persamaan regresi : Y = 0,347 + 0,0427 X1 + 0,0106 X2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 13,567 > 3,15 (pada taraf signifikansi 5%) berarti antara partisipasi siswa dalam bimbingan belajar dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Uji t untuk variabel partisipasi siswa dalam bimbingan belajar diperoleh thitung > dari ttabel atau 3,928 > 2,000 (pada taraf signifikansi 5%) dan untuk variabel lingkungan keluarga diperoleh thitung < ttabel atau 1,523 < 2,000 (pada taraf signifikansi 5%) dari kedua variabel tersebut variabel partisipasi siswa dalam bimbingan belajar yang berpengaruh terhadap hasil belajar sedangkan lingkungan keluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,311 ini menunjukkan bahwa variabel partisipasi siswa dalam bimbingan belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 31,1%. Sedangkan sisanya sebesar 68,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini.