PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARGUMENTASI DENGAN TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TULUNG KLATEN TAHUN PELAJARAN 2007/2008

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca dengan teknik SQ3R (Survey Question Read Recite Review), untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan teknik SQ3R dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran dengan teknik SQ3R pada sis...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MUFIDAH, RO’ISAH
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10483/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca dengan teknik SQ3R (Survey Question Read Recite Review), untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan teknik SQ3R dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran dengan teknik SQ3R pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tulung Klaten. Objek penelitian ini adalah guru dan siswa. Selain itu juga aktivitas belajar mengajar yang terjadi di kelas VIII C SMP Negeri 3 Tulung Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, wawancara, dan observasi langsung. Tes dilaksanakan dua kali yaitu pada siklus pertama untuk mengukur pemahaman membaca siswa dengan melakukan teknik SQ3R dan siklus kedua untuk mengetahui hasil akhir yang diperoleh siswa setelah mengetahui masalah dan proses pemecahan setelah siklus pertama. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan guru Bahasa Indonesia untuk merefleksikan hasil pengamatan. Observasi langsung dilakukan peneliti sendiri pada saat aktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas. Pelaksanaan pembelajaran dengan teknik SQ3R dapat berjalan dengan lancar. Setelah guru membantu siswa dalam menerapkan langkah-langkah yang terdapat pada teknik SQ3R. Berkat bantuan dan bimbingan guru, kemampuan pemahaman siswa terhadap bacaan mengalami peningkatan. Hal ini juga dapat dibuktikan dari hasil nilai yang diperoleh siswa yang semula nilai rata-rata pada siklus pertama 4,17 menjadi 7,91 pada siklus kedua. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran dengan teknik SQ3R adalah adanya perhatian siswa ketika menerima perintah dari guru yaitu keseriusan dalam melaksanakan tahap- tahap SQ3R. Selain itu karena adanya pengecekan oleh guru pada saat melaksanakan tahap-tahap SQ3R, jadi tingkat kesalahan yang dilakukan siswa sedikit. Hal ini membuktikan bahwa adanya tanggapan siswa yang cukup baik pada waktu menerapkan metode membaca dengan teknik SQ3R. Dengan demikian situasi pembelajaran menjadi lebih baik.