PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARGUMENTASI DENGAN TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TULUNG KLATEN TAHUN PELAJARAN 2007/2008
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca dengan teknik SQ3R (Survey Question Read Recite Review), untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan teknik SQ3R dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran dengan teknik SQ3R pada sis...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10483/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran
membaca dengan teknik SQ3R (Survey Question Read Recite Review), untuk
mengetahui peningkatan kemampuan membaca dengan teknik SQ3R dan untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran dengan teknik SQ3R
pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tulung Klaten.
Objek penelitian ini adalah guru dan siswa. Selain itu juga aktivitas belajar
mengajar yang terjadi di kelas VIII C SMP Negeri 3 Tulung Klaten. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan tes, wawancara, dan observasi langsung. Tes
dilaksanakan dua kali yaitu pada siklus pertama untuk mengukur pemahaman
membaca siswa dengan melakukan teknik SQ3R dan siklus kedua untuk
mengetahui hasil akhir yang diperoleh siswa setelah mengetahui masalah dan
proses pemecahan setelah siklus pertama. Wawancara dilakukan oleh peneliti
dengan guru Bahasa Indonesia untuk merefleksikan hasil pengamatan. Observasi
langsung dilakukan peneliti sendiri pada saat aktivitas kegiatan belajar mengajar
di kelas.
Pelaksanaan pembelajaran dengan teknik SQ3R dapat berjalan dengan
lancar. Setelah guru membantu siswa dalam menerapkan langkah-langkah yang
terdapat pada teknik SQ3R. Berkat bantuan dan bimbingan guru, kemampuan
pemahaman siswa terhadap bacaan mengalami peningkatan. Hal ini juga dapat
dibuktikan dari hasil nilai yang diperoleh siswa yang semula nilai rata-rata pada
siklus pertama 4,17 menjadi 7,91 pada siklus kedua. Faktor-faktor yang
mempengaruhi pembelajaran dengan teknik SQ3R adalah adanya perhatian siswa
ketika menerima perintah dari guru yaitu keseriusan dalam melaksanakan tahap-
tahap SQ3R. Selain itu karena adanya pengecekan oleh guru pada saat
melaksanakan tahap-tahap SQ3R, jadi tingkat kesalahan yang dilakukan siswa
sedikit. Hal ini membuktikan bahwa adanya tanggapan siswa yang cukup baik
pada waktu menerapkan metode membaca dengan teknik SQ3R. Dengan
demikian situasi pembelajaran menjadi lebih baik. |
---|