PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 WELAHAN JEPARA TAHUN AJARAN 2006/2007
Roni Zunaidi. A. 210 030 016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi dan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan kemandirian belajar siswa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10472/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Roni Zunaidi. A. 210 030 016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Untuk mengetahui
pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi dan untuk
mengetahui pengaruh disiplin belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap
hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMAN 1 Welahan Jepara tahun ajaran
2006/2007.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Welahan
Jepara yang berjumlah 120 dengan sampel 60 siswa menggunakan proporsional
random sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah
dengan metode angket digunakan untuk mengambil data disiplin belajar dan
kemandirian belajar, sedangkan metode dokumentasi untuk mengambil data hasil
belajar berupa nilai ujian siswa semester II mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS
SMAN I Welahan Jepara.
Data diolah menggunakan program SPSS for Windows V. 11.0. Sebelum
dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yaitu
uji normalitas, multikolinieritas, dan outo kolerasi. Pengujian hipotesis
penelitian ini dengan persamaan regresi linier sederhana uji t dan uji F.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa disiplin belajar berpengaruh
positif terhadap hasil belajar akuntansi adalah terbukti. Hal tersebut ditunjukkan
nilai koefisien regresi X1 sebesar 2.203, menyatakan jika disiplin belajar
ditingkatkan 1 poin dan X2 tidak ada maka pengaruh disiplin belajar bertambah
sebesar 2.203 serta didukung nilai t hitung 2.919 sementara t tabel sebesar 2.000 atau
(2.919 > 2.000) dengan signifikasi sebesar 0.036 < 0.05, hal tersebut
menunjukkan disiplin belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar.
Hipotesis kedua yang menyebutkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh
positif terhadap hasil belajar akuntansi adalah dapat dibuktikan. Hal tersebut
ditunjukkan nilai koefisien regresi X2 serta didukung nilai t hitung 2.542 sementara
t tabel sebesar 2.000 atau (2.542 > 2.000) dengan signifikansi sebesar 0.006 < 0.05.
hal tersebut menunjukkan kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil
belajar.
Hipotesis ketiga disiplin belajar dan kemandirian belajar berpengaruh positif
terhadap hasil belajar akuntansi adalah terbukti. Pembuktian hipotesis ketiga
melalui perhitungan uji F hitung sebesar 4.432 sementara nilai F tabel pada α 5% (n-
k-1);(k-1) atau (60-3-1); (3-1) sebesar 3,15 atau 4.432 > 3,15 maka menolak Ho
serta menunjukkan bahwa variabel disiplin belajar dan variabel kemandirian
belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa. |
---|