PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN TINGKAT INTELLIGENCE QUOTIENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MOJOLABAN TAHUN AJARAN 2006/2007

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojolaban tahun ajaran 2006/2007, 2) Pengaruh tingkat intelligence quotient terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: MURWANI , NANIK
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2007
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/10470/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojolaban tahun ajaran 2006/2007, 2) Pengaruh tingkat intelligence quotient terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojolaban tahun ajaran 2006/2007, 3) Pengaruh kedisiplinan belajar siswa dan tingkat intelligence quotient terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojolaban tahun ajaran 2006/2007. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan variabel kedisiplinan belajar (X1) dan tingkat inteligence quotient (X2) sebagai variabel bebas, dan prestasi belajar ekonomi (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui data tentang tingkat intelligence quotient dan prestasi belajar ekonomi serta gambaran umum obyek penelitian. Metode angket digunakan untuk mengetahui data tentang kedisiplinan belajar. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F dan uji t. Berdasarkan analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa : 1) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMP Negeri 2 Mojolaban Sukoharjo Tahun Pelajaran 2006/2007, dengan kontribusi sebesar 31,95%, 2) Tingkat intelligence quotient berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMP Negeri 2 Mojolaban Sukoharjo Tahun Pelajaran 2006/2007, dengan kontribusi sebesar 18,83%, 3) Kedisiplinan belajar dan tingkat intelligence quotient berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa SMP Negeri 2 Mojolaban Sukoharjo Tahun Pelajaran 2006/2007, dengan kontribusi sebesar 50,79%. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung untuk variabel kedisiplinan belajar (X1) sebesar 4,175 dan untuk variabel tingkat intelligence quotient (X2) sebesar 2,765 yang nilainya lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,009 dengan nilai signifikan hitung kurang dari 0,05. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh secara individu (parsial) antara kedisiplinan belajar dan tingkat intelligence quotient terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2006/2007. Berdasarkan perhitungan sumbangan efektif masing-masing SE% X1 = 31,95% dan SE% X2 = 18,837%. Dengan kata lain, berarti kedisiplinan belajar dan tingkat intelligence quotient memberi pengaruh positif dengan kontribusi sebesar 50,79%, sedangkan faktor yang lain sebesar = 49,21%, sehingga dapat dikatakan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi faktor yang tidak teliti dalam penelitian ini sebesar (100%-50,79%) = 49,21%.