USAHA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi kasus di SMA N 1 Musuk Boyolali Pada Tahun Ajaran 2007/2008)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana usaha guru ekonomi dalam mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Negeri 1 Musuk Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, yakni penelitian y...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: MARSINI , SRI
Format: Thèse
Langue:English
English
English
English
English
English
English
Publié: 2007
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/10465/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana usaha guru ekonomi dalam mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Negeri 1 Musuk Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru ekonomi, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 2 orang guru. Untuk memperoleh data dalam penelitian melalui interview, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif yang menggunakan tiga komponen utama, yaitu reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Musuk Boyolali telah melakukan beberapa usaha-usaha dalam menerapkan konsep kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang meliputi menciptakan lingkungan yang kondusif, mengembangkan fasilitas dan sumber belajar, guru harus dapat mendisiplinkan peserta didik, mengubah paradigma atau pola pikir guru, menyusun silabus secara keseluruhan guru SMA Negeri 1 Musuk Boyolali telah memiliki persiapan yang matang untuk melaksanakan atau menerapkan KTSP terutama dalam proses pembelajaran.