ANALISIS PENGUASAAN SILABUS DAN MATERI PEMBELAJARAN KAITANNYA DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 2 JUWIRING TAHUN AJARAN 2007/2008

Implementasi KTSP menuntut adanya pemahaman guru dalam merencanakan dan menyusun silabus dan materi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penguasaan penyusunan silabus dan materi pembelajaran terhadap penerapan KTSP pada kela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PURWANDARI , LISTIANA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10464/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995084214599680
author PURWANDARI , LISTIANA
author_facet PURWANDARI , LISTIANA
author_sort PURWANDARI , LISTIANA
collection ePrints
description Implementasi KTSP menuntut adanya pemahaman guru dalam merencanakan dan menyusun silabus dan materi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penguasaan penyusunan silabus dan materi pembelajaran terhadap penerapan KTSP pada kelas VII SMP Negeri 2 Juwiring tahun ajaran 2007/2008. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Juwiring tahun ajaran 2007/2008. Data analisis secara deskriptif kualitatif berdasarkan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis penguasaan silabus dan materi pelajaran guru mata pelajaran ekonomi kelas VII pada pembuatan uraian materi 2,17 (kurang), pemilihan pengalaman belajar 2,1 (kurang), bentuk instrumen penilaian 1,33 (sangat kurang), contoh instrumen 1,33 (sangat kurang) menentukan alokasi waktu 2,33 (sangat kurang) dan sumber/alat/bahan 2,83 (cukup). Hasil penelitian analisis penguasaan silabus dan materi pembelajaran pada guru ekonomi kelas VII dalam kategori kurang (1,99). Pemilihan pengalaman belajar diterapkan dengan menggunakan berbagai macam metode, yaitu metode demontrasi (2,33 (kurang), metode diskusi 3,33 (cukup), metode tanya jawab 1,73 (kurang) dan metode ceramah 4 (baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis penguasaan penyusunan silabus guru mata pelajaran ekonomi kelas VII di SMP Negeri 2 Juwiring tahun ajaran 2007/2008 termasuk kategori kurang (1,99). Sedangkan metode yang digunakan guru dalam memberikan pengalaman belajar yaitu metode demonstrasi, diskusi, tanya awab dan ceramah termasuk kategori cukup (2,84).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10464
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10464 https://eprints.ums.ac.id/10464/ ANALISIS PENGUASAAN SILABUS DAN MATERI PEMBELAJARAN KAITANNYA DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 2 JUWIRING TAHUN AJARAN 2007/2008 PURWANDARI , LISTIANA L Education (General) Implementasi KTSP menuntut adanya pemahaman guru dalam merencanakan dan menyusun silabus dan materi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penguasaan penyusunan silabus dan materi pembelajaran terhadap penerapan KTSP pada kelas VII SMP Negeri 2 Juwiring tahun ajaran 2007/2008. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Juwiring tahun ajaran 2007/2008. Data analisis secara deskriptif kualitatif berdasarkan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis penguasaan silabus dan materi pelajaran guru mata pelajaran ekonomi kelas VII pada pembuatan uraian materi 2,17 (kurang), pemilihan pengalaman belajar 2,1 (kurang), bentuk instrumen penilaian 1,33 (sangat kurang), contoh instrumen 1,33 (sangat kurang) menentukan alokasi waktu 2,33 (sangat kurang) dan sumber/alat/bahan 2,83 (cukup). Hasil penelitian analisis penguasaan silabus dan materi pembelajaran pada guru ekonomi kelas VII dalam kategori kurang (1,99). Pemilihan pengalaman belajar diterapkan dengan menggunakan berbagai macam metode, yaitu metode demontrasi (2,33 (kurang), metode diskusi 3,33 (cukup), metode tanya jawab 1,73 (kurang) dan metode ceramah 4 (baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis penguasaan penyusunan silabus guru mata pelajaran ekonomi kelas VII di SMP Negeri 2 Juwiring tahun ajaran 2007/2008 termasuk kategori kurang (1,99). Sedangkan metode yang digunakan guru dalam memberikan pengalaman belajar yaitu metode demonstrasi, diskusi, tanya awab dan ceramah termasuk kategori cukup (2,84). 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10464/1/Listiana-0_%28COVER%29.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10464/2/Listiana-1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10464/5/Listiana-2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10464/9/Listiana-3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10464/13/Listiana-4_%26_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10464/16/Listiana-Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10464/17/Listiana-Lampiran.pdf PURWANDARI , LISTIANA (2007) ANALISIS PENGUASAAN SILABUS DAN MATERI PEMBELAJARAN KAITANNYA DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 2 JUWIRING TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210030041
spellingShingle L Education (General)
PURWANDARI , LISTIANA
ANALISIS PENGUASAAN SILABUS DAN MATERI PEMBELAJARAN KAITANNYA DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 2 JUWIRING TAHUN AJARAN 2007/2008
title ANALISIS PENGUASAAN SILABUS DAN MATERI PEMBELAJARAN KAITANNYA DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 2 JUWIRING TAHUN AJARAN 2007/2008
title_full ANALISIS PENGUASAAN SILABUS DAN MATERI PEMBELAJARAN KAITANNYA DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 2 JUWIRING TAHUN AJARAN 2007/2008
title_fullStr ANALISIS PENGUASAAN SILABUS DAN MATERI PEMBELAJARAN KAITANNYA DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 2 JUWIRING TAHUN AJARAN 2007/2008
title_full_unstemmed ANALISIS PENGUASAAN SILABUS DAN MATERI PEMBELAJARAN KAITANNYA DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 2 JUWIRING TAHUN AJARAN 2007/2008
title_short ANALISIS PENGUASAAN SILABUS DAN MATERI PEMBELAJARAN KAITANNYA DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 2 JUWIRING TAHUN AJARAN 2007/2008
title_sort analisis penguasaan silabus dan materi pembelajaran kaitannya dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan di smp negeri 2 juwiring tahun ajaran 2007 2008
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/10464/
work_keys_str_mv AT purwandarilistiana analisispenguasaansilabusdanmateripembelajarankaitannyadengankurikulumtingkatsatuanpendidikandismpnegeri2juwiringtahunajaran20072008