PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh intensitas pemanfaatan buku perpustakaan terhadap prestasi belajar. (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. (3) pengaruh intensitas pemanfaatan buku perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ASTUTI, WAHYU WIDI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10460/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995083128274944
author ASTUTI, WAHYU WIDI
author_facet ASTUTI, WAHYU WIDI
author_sort ASTUTI, WAHYU WIDI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh intensitas pemanfaatan buku perpustakaan terhadap prestasi belajar. (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. (3) pengaruh intensitas pemanfaatan buku perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Batik 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Sedangkan sampel diambil sebanyak 60 orang siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang sebelumnya diuji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, R2, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Intensitas pemanfaatan buku perpustakaan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X1 diterima pada taraf signifikansi 5%. Intensitas pemanfaatan buku perpustakaan memberikan kontribusi sebesar 23,2% terhadap prestasi belajar siswa. (2) Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X2 diterima pada taraf signifikansi 5%. Variabel motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 29,6% terhadap prestasi belajar siswa. (3) Intensitas pemanfaatan buku perpustakaan dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi variabel Intensitas pemanfaatan buku perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 52,8%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10460
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10460 https://eprints.ums.ac.id/10460/ PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006 ASTUTI, WAHYU WIDI LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh intensitas pemanfaatan buku perpustakaan terhadap prestasi belajar. (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. (3) pengaruh intensitas pemanfaatan buku perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Batik 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Sedangkan sampel diambil sebanyak 60 orang siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang sebelumnya diuji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, R2, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Intensitas pemanfaatan buku perpustakaan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X1 diterima pada taraf signifikansi 5%. Intensitas pemanfaatan buku perpustakaan memberikan kontribusi sebesar 23,2% terhadap prestasi belajar siswa. (2) Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X2 diterima pada taraf signifikansi 5%. Variabel motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 29,6% terhadap prestasi belajar siswa. (3) Intensitas pemanfaatan buku perpustakaan dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi variabel Intensitas pemanfaatan buku perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 52,8%. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10460/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10460/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10460/7/BAB_II_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10460/10/BAB_IV_V.pdf ASTUTI, WAHYU WIDI (2007) PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210020144
spellingShingle LB Theory and practice of education
ASTUTI, WAHYU WIDI
PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_full PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_fullStr PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_full_unstemmed PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_short PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006
title_sort pengaruh intensitas pemanfaatan buku buku perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas xi smk batik 1 surakarta tahun pelajaran 2005 2006
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/10460/
work_keys_str_mv AT astutiwahyuwidi pengaruhintensitaspemanfaatanbukubukuperpustakaandanmotivasibelajarterhadapprestasibelajarpadasiswakelasxismkbatik1surakartatahunpelajaran20052006