PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN BUKU-BUKU PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2005/2006
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh intensitas pemanfaatan buku perpustakaan terhadap prestasi belajar. (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. (3) pengaruh intensitas pemanfaatan buku perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10460/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh intensitas
pemanfaatan buku perpustakaan terhadap prestasi belajar. (2) pengaruh motivasi
belajar terhadap prestasi belajar. (3) pengaruh intensitas pemanfaatan buku
perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK
Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif yang disertai dengan
pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Batik 1 Surakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Batik 1 Surakarta tahun
pelajaran 2005/2006. Sedangkan sampel diambil sebanyak 60 orang siswa yang
diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan
diperoleh melalui angket yang sebelumnya diuji validitas dan uji reliabilitas. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, R2, uji F, uji t, dan
sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Intensitas pemanfaatan buku
perpustakaan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Batik 1
Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang
memperoleh thitung X1 diterima pada taraf signifikansi 5%. Intensitas pemanfaatan
buku perpustakaan memberikan kontribusi sebesar 23,2% terhadap prestasi belajar
siswa. (2) Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK
Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis
regresi yang memperoleh thitung X2 diterima pada taraf signifikansi 5%. Variabel
motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 29,6% terhadap prestasi belajar
siswa. (3) Intensitas pemanfaatan buku perpustakaan dan motivasi belajar
berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Batik 1
Surakarta tahun pelajaran 2005/2006. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang
memperoleh nilai Fhitung diterima pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi variabel
Intensitas pemanfaatan buku perpustakaan dan motivasi belajar terhadap prestasi
belajar adalah sebesar 52,8%. |
---|