PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI I WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar akuntansi, baik secara bersama-sama atau parsial serta untuk mengetahui variabel manakah yang lebih dominan antara motivasi belajar dan kedisipli...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LESTARI, ANA TR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10432/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995075980132352
author LESTARI, ANA TR
author_facet LESTARI, ANA TR
author_sort LESTARI, ANA TR
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar akuntansi, baik secara bersama-sama atau parsial serta untuk mengetahui variabel manakah yang lebih dominan antara motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK N 1 Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari tiga kelas (AK1,AK2 dan AK3) dengan jumlah siswa 120 orang. Sedangkan sampel diambil 92 orang diambil dengan teknik Proportional Sampling. Data yang dibutuhkan diperoleh melalui angket yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, R2, uji F, uji t dan Sumbangan Relatif dan Sumbangan Efektif. Berdasarkan analisis data, diperoleh persamaan Y = 55,590 + 0,121X1 + 1,634X2. Sedangkan uji F diperoleh Fhit (20,981) > Ftab (3,10) berarti variabel motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi. Besarnya pengaruh variabel motivasi belajar adalah sebesar 45,62%, dan variabel kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah sebesar 54,38%, sedangkan sumbangan efektif X1=16,56% dan X2=19,74%. Secara keseluruhan variabel motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah memberikan sumbangan efektif sebesar 36,30 terhadap prestasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10432
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10432 https://eprints.ums.ac.id/10432/ PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI I WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007 LESTARI, ANA TR LC Special aspects of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar akuntansi, baik secara bersama-sama atau parsial serta untuk mengetahui variabel manakah yang lebih dominan antara motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK N 1 Wonogiri tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari tiga kelas (AK1,AK2 dan AK3) dengan jumlah siswa 120 orang. Sedangkan sampel diambil 92 orang diambil dengan teknik Proportional Sampling. Data yang dibutuhkan diperoleh melalui angket yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, R2, uji F, uji t dan Sumbangan Relatif dan Sumbangan Efektif. Berdasarkan analisis data, diperoleh persamaan Y = 55,590 + 0,121X1 + 1,634X2. Sedangkan uji F diperoleh Fhit (20,981) > Ftab (3,10) berarti variabel motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi. Besarnya pengaruh variabel motivasi belajar adalah sebesar 45,62%, dan variabel kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah sebesar 54,38%, sedangkan sumbangan efektif X1=16,56% dan X2=19,74%. Secara keseluruhan variabel motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah memberikan sumbangan efektif sebesar 36,30 terhadap prestasi belajar siswa. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10432/1/A._Halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10432/4/B._Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10432/7/C._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10432/13/D._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10432/15/E._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10432/17/F._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10432/20/G._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10432/22/H._Lampiran.pdf LESTARI, ANA TR (2007) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI I WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210030002
spellingShingle LC Special aspects of education
LESTARI, ANA TR
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI I WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007
title PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI I WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI I WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007
title_fullStr PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI I WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007
title_full_unstemmed PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI I WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007
title_short PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI I WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007
title_sort pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas xi jurusan akuntansi smk negeri i wonogiri tahun ajaran 2006 2007
topic LC Special aspects of education
url https://eprints.ums.ac.id/10432/
work_keys_str_mv AT lestarianatr pengaruhmotivasibelajardankedisiplinansiswadalammengerjakanpekerjaanrumahterhadapprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxijurusanakuntansismknegeriiwonogiritahunajaran20062007