PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TENTANG AKUNTANSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS)

Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris pengaruh kemampuan awal tentang akuntansi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi, baik secara individual yaitu pengaruh antara kemapuan awal tentang akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi dan pengaruh antara motivasi belajar terhada...

Descripció completa

Guardat en:
Dades bibliogràfiques
Autor principal: MILLIA, VITA
Format: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
Publicat: 2007
Matèries:
Accés en línia:https://eprints.ums.ac.id/10428/
Etiquetes: Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
_version_ 1804995075153854464
author MILLIA, VITA
author_facet MILLIA, VITA
author_sort MILLIA, VITA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris pengaruh kemampuan awal tentang akuntansi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi, baik secara individual yaitu pengaruh antara kemapuan awal tentang akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi dan pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi, juga secara bersama-sama. Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto dengan kemampuan awal tentang akuntansi (X1) dan motivasi belajar (X2) sebagai variabel bebas dan hasil belajar akuntansi (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian diambil mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sampel penelitian diambil sebesar 22% dari mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2005 yang telah menempuh mata kuliah Dasar Akuntansi Keuangan I dan II yaitu sebanyak 40 mahasiswa, sampel diambil secara purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis Regresi berganda, uji t dan uji F, dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 12 yang menghasilkan kesimpulan: 1) dari hasil analisis regresi berganda menunjukkan persamaan regresi Y = -3,090 + 0,386 X1 + 0,053 X2, sumbangan dari kemampuan awal tentang akuntansi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 41,7%; artinya sebesar 58,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar itu, misalnya; bakat, intelegensi, persepsi tentang jurusan Akuntansi, kreativitas belajar dan lainlain, 2) hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi untuk variabel kemampuan awal tentang akuntansi (X1) sebesar 0,004 < taraf signifikansi 0,05 dan untuk motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 0,001 < taraf signifikansi 0,05, sehingga meyakinkan bahwa Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan secara individual antara variabel kemampuan awal tentang akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi (Y) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi (Y). 3) Hasil (X1) uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < taraf signifikansi 0,05, sehingga secara bersama-sama ada pengaruh yang signifikan antara variabel kemampuan awal tentang akuntansi (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar akuntansi (Y).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10428
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10428 https://eprints.ums.ac.id/10428/ PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TENTANG AKUNTANSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS) MILLIA, VITA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris pengaruh kemampuan awal tentang akuntansi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi, baik secara individual yaitu pengaruh antara kemapuan awal tentang akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi dan pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi, juga secara bersama-sama. Penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto dengan kemampuan awal tentang akuntansi (X1) dan motivasi belajar (X2) sebagai variabel bebas dan hasil belajar akuntansi (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian diambil mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sampel penelitian diambil sebesar 22% dari mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2005 yang telah menempuh mata kuliah Dasar Akuntansi Keuangan I dan II yaitu sebanyak 40 mahasiswa, sampel diambil secara purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis Regresi berganda, uji t dan uji F, dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 12 yang menghasilkan kesimpulan: 1) dari hasil analisis regresi berganda menunjukkan persamaan regresi Y = -3,090 + 0,386 X1 + 0,053 X2, sumbangan dari kemampuan awal tentang akuntansi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 41,7%; artinya sebesar 58,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar itu, misalnya; bakat, intelegensi, persepsi tentang jurusan Akuntansi, kreativitas belajar dan lainlain, 2) hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi untuk variabel kemampuan awal tentang akuntansi (X1) sebesar 0,004 < taraf signifikansi 0,05 dan untuk motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 0,001 < taraf signifikansi 0,05, sehingga meyakinkan bahwa Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan secara individual antara variabel kemampuan awal tentang akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi (Y) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi (Y). 3) Hasil (X1) uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < taraf signifikansi 0,05, sehingga secara bersama-sama ada pengaruh yang signifikan antara variabel kemampuan awal tentang akuntansi (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar akuntansi (Y). 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10428/1/COVER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10428/3/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10428/7/BAB_2_dan_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10428/10/Bab_4_dan_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10428/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10428/14/Lampiran.pdf MILLIA, VITA (2007) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TENTANG AKUNTANSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210020079
spellingShingle LB Theory and practice of education
MILLIA, VITA
PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TENTANG AKUNTANSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS)
title PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TENTANG AKUNTANSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS)
title_full PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TENTANG AKUNTANSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS)
title_fullStr PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TENTANG AKUNTANSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS)
title_full_unstemmed PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TENTANG AKUNTANSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS)
title_short PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TENTANG AKUNTANSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS)
title_sort pengaruh kemampuan awal tentang akuntansi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi akuntansi fkip ums
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/10428/
work_keys_str_mv AT milliavita pengaruhkemampuanawaltentangakuntansidanmotivasibelajarterhadaphasilbelajarakuntansimahasiswajurusanpendidikanekonomiakuntansifkipums