PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TENTANG AKUNTANSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UMS)
Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris pengaruh kemampuan awal tentang akuntansi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi, baik secara individual yaitu pengaruh antara kemapuan awal tentang akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi dan pengaruh antara motivasi belajar terhada...
Gardado en:
Autor Principal: | |
---|---|
Formato: | Thesis |
Idioma: | English English English English English English |
Publicado: |
2007
|
Subjects: | |
Acceso en liña: | https://eprints.ums.ac.id/10428/ |
Tags: |
Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris pengaruh kemampuan awal tentang akuntansi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi, baik secara individual yaitu pengaruh antara kemapuan awal tentang akuntansi
terhadap hasil belajar akuntansi dan pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi, juga secara bersama-sama. Penelitian ini adalah penelitian
Ex Post Facto dengan kemampuan awal tentang akuntansi (X1) dan motivasi belajar (X2) sebagai variabel bebas dan hasil belajar akuntansi (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian diambil mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sampel penelitian diambil sebesar 22% dari mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2005 yang telah menempuh mata kuliah Dasar Akuntansi Keuangan I dan II yaitu sebanyak 40 mahasiswa, sampel diambil secara purposive sampling.
Analisis yang digunakan adalah analisis Regresi berganda, uji t dan uji F, dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 12 yang menghasilkan kesimpulan: 1) dari hasil analisis regresi berganda menunjukkan persamaan regresi Y = -3,090 + 0,386 X1 + 0,053 X2, sumbangan dari kemampuan awal
tentang akuntansi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 41,7%; artinya sebesar 58,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar itu, misalnya; bakat, intelegensi, persepsi tentang jurusan Akuntansi, kreativitas belajar dan lainlain, 2) hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi untuk variabel kemampuan awal
tentang akuntansi (X1) sebesar 0,004 < taraf signifikansi 0,05 dan untuk motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 0,001 < taraf signifikansi 0,05, sehingga meyakinkan bahwa Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang
signifikan secara individual antara variabel kemampuan awal tentang akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi (Y) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi (Y). 3) Hasil (X1) uji F menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < taraf signifikansi 0,05, sehingga secara bersama-sama ada pengaruh yang signifikan antara variabel kemampuan awal tentang akuntansi (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar akuntansi (Y). |
---|