STUDI TENTANG PENINGKATAN LABA DITINJAU DARI PENGEMBANGAN PRODUK PADA PERUSAHAAN HANDUK SEMPULUR PRATAMA

jasa yang dapat menambah kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan produk terhadap peningkatan laba pada perusahaan handuk Sempulur Pratama. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Penelitian ini berloka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHMADI, GUNTUR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10427/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:jasa yang dapat menambah kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan produk terhadap peningkatan laba pada perusahaan handuk Sempulur Pratama. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Penelitian ini berlokasi di Perusahaan Handuk Sempulur Pratama di Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah biaya pengembangan produk dan laba perusahaan tahun 2000 - 2004. Seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sehingga disebut penelitian populasi. Data yang diperlukan diperoleh melalui dokumentasi dan interview (wawancara). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengembangan produk berpengaruh positif terhadap peningkatan laba perusahaan Handuk Sempulur Pratama pada periode tahun 2000-2004. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh Fhitung > Ftabel (261,754 > 5,32) pada taraf signifikansi 5%. Persamaan yang diperoleh:Y = 39,358 + 12,268 (X), persamaan ini menunjukkan bahwa tinggi rendahnya laba perusahaan ditentukan oleh pengembangan produk. Besar pengaruh pengembangan produk terhadap laba perusahaan adalah sebesar 97%, sedangkan 3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.