PENGARUH PELAKSANAAN FUNGSI BIMBINGAN KONSELING DAN PENEGAKAN PERATURAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan fungsi bimbingan konseling dan penegakan peraturan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2006/2007. Dalam penelitian ini populasi sebanyak 245 orang siswa kel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PURWANINGSIH, RENI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10423/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995073781268480
author PURWANINGSIH, RENI
author_facet PURWANINGSIH, RENI
author_sort PURWANINGSIH, RENI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan fungsi bimbingan konseling dan penegakan peraturan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2006/2007. Dalam penelitian ini populasi sebanyak 245 orang siswa kelas VIII. Dari jumlah tersebut dijadikan sampel sebanyak 36 orang siswa yang diambil dengan teknik kombinasi (Combined Sampling), yaitu “Quota Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok sedangkan observasi dan wawancara sebagai metode bantu. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data pelaksanaan fungsi bimbingan konseling, penegakan peraturan tata tertib sekolah, dan kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2006/2007, sedangkan metode observasi dan wawancara untuk mengkorfirmasikan data yang telah terkumpul melalui angket. Data yang terkumpulan dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus: Fregresi = ())1(122RmmNR−−− Dari analisis data diperoleh Freg = 6,654 yang selanjutnya dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db = m lawan N-m-1 atuu 2 lawan 33 pada taraf signifikan 5% ditetapkan besarnya Ftabel = 3,320. dengan demikian hasil Freg itu berada di atas nilai Ftabel yaitu 6,654 > 3,320. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian: “Ada pengaruh pelaksanaan fungsi bimbingan konseling dan penegakkan peraturan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Boyolali tahun pelajaran 2006/2007”, terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan relatif (SR%) prediktor X terhadap kriterium Y mencapai 100% yaitu untuk SR%X1 sebesar 51,92% dan SR%X2 sebesar 48,08%. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan fungsi bimbingan konseling dan penegakan peraturan tata tertib sekolah memberikan pengaruh positif dan kontribusi yang secara relatif cukup besar terhadap kedisiplinan bagi siswa yang bersangkutan. Begitu juga mengenai sumbangan efektif (SE%) prediktor terhadap kriterium Y mencapai 28,74% yaitu untuk SE%X1 sebesar 14,92% dan SE%X2 sebesar 13,82% Hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan fungsi bimbingan konseling dan penegakan peraturan tata xx tertib sekolah memberikan pengaruh positif dan kontribusi yang secara relatif cukup besar terhadap kedisiplinan bagi siswa yang bersangkutan. Hasil ini sangat diharapkan agar menjadi pendorong bagi para guru untuk selalu mengembangkan fungsi bimbingan konseling dan meningkatkan peraturan tata tertib sekolah serta meningkatkan kedisiplinan bagi para siswa. Pelaksanaan fungsi bimbingan konseling dan penegakan peraturan yang baik, disertai dengan kedisiplinan yang tinggi diharapkan meningkatkan ketertiban dalam lingkungan sekolah. Semoga hasil penelitian ini bermanfaat bagi guru, siswa dan masyarakat luas serta dapat membantu serta memberikan sumbangan pemikiran bagi para peneliti yang sejenis di masa yang akan datang.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10423
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10423 https://eprints.ums.ac.id/10423/ PENGARUH PELAKSANAAN FUNGSI BIMBINGAN KONSELING DAN PENEGAKAN PERATURAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PURWANINGSIH, RENI LC5201 Education Professional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan fungsi bimbingan konseling dan penegakan peraturan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2006/2007. Dalam penelitian ini populasi sebanyak 245 orang siswa kelas VIII. Dari jumlah tersebut dijadikan sampel sebanyak 36 orang siswa yang diambil dengan teknik kombinasi (Combined Sampling), yaitu “Quota Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok sedangkan observasi dan wawancara sebagai metode bantu. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data pelaksanaan fungsi bimbingan konseling, penegakan peraturan tata tertib sekolah, dan kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2006/2007, sedangkan metode observasi dan wawancara untuk mengkorfirmasikan data yang telah terkumpul melalui angket. Data yang terkumpulan dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus: Fregresi = ())1(122RmmNR−−− Dari analisis data diperoleh Freg = 6,654 yang selanjutnya dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db = m lawan N-m-1 atuu 2 lawan 33 pada taraf signifikan 5% ditetapkan besarnya Ftabel = 3,320. dengan demikian hasil Freg itu berada di atas nilai Ftabel yaitu 6,654 > 3,320. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian: “Ada pengaruh pelaksanaan fungsi bimbingan konseling dan penegakkan peraturan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Boyolali tahun pelajaran 2006/2007”, terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumbangan relatif (SR%) prediktor X terhadap kriterium Y mencapai 100% yaitu untuk SR%X1 sebesar 51,92% dan SR%X2 sebesar 48,08%. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan fungsi bimbingan konseling dan penegakan peraturan tata tertib sekolah memberikan pengaruh positif dan kontribusi yang secara relatif cukup besar terhadap kedisiplinan bagi siswa yang bersangkutan. Begitu juga mengenai sumbangan efektif (SE%) prediktor terhadap kriterium Y mencapai 28,74% yaitu untuk SE%X1 sebesar 14,92% dan SE%X2 sebesar 13,82% Hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan fungsi bimbingan konseling dan penegakan peraturan tata xx tertib sekolah memberikan pengaruh positif dan kontribusi yang secara relatif cukup besar terhadap kedisiplinan bagi siswa yang bersangkutan. Hasil ini sangat diharapkan agar menjadi pendorong bagi para guru untuk selalu mengembangkan fungsi bimbingan konseling dan meningkatkan peraturan tata tertib sekolah serta meningkatkan kedisiplinan bagi para siswa. Pelaksanaan fungsi bimbingan konseling dan penegakan peraturan yang baik, disertai dengan kedisiplinan yang tinggi diharapkan meningkatkan ketertiban dalam lingkungan sekolah. Semoga hasil penelitian ini bermanfaat bagi guru, siswa dan masyarakat luas serta dapat membantu serta memberikan sumbangan pemikiran bagi para peneliti yang sejenis di masa yang akan datang. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10423/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10423/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10423/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10423/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10423/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10423/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10423/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10423/8/Lampiran.pdf PURWANINGSIH, RENI (2007) PENGARUH PELAKSANAAN FUNGSI BIMBINGAN KONSELING DAN PENEGAKAN PERATURAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A220030016
spellingShingle LC5201 Education Professional
PURWANINGSIH, RENI
PENGARUH PELAKSANAAN FUNGSI BIMBINGAN KONSELING DAN PENEGAKAN PERATURAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007
title PENGARUH PELAKSANAAN FUNGSI BIMBINGAN KONSELING DAN PENEGAKAN PERATURAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007
title_full PENGARUH PELAKSANAAN FUNGSI BIMBINGAN KONSELING DAN PENEGAKAN PERATURAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007
title_fullStr PENGARUH PELAKSANAAN FUNGSI BIMBINGAN KONSELING DAN PENEGAKAN PERATURAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007
title_full_unstemmed PENGARUH PELAKSANAAN FUNGSI BIMBINGAN KONSELING DAN PENEGAKAN PERATURAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007
title_short PENGARUH PELAKSANAAN FUNGSI BIMBINGAN KONSELING DAN PENEGAKAN PERATURAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2006/2007
title_sort pengaruh pelaksanaan fungsi bimbingan konseling dan penegakan peraturan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan pada siswa kelas viii smp negeri 1 boyolali tahun pelajaran 2006 2007
topic LC5201 Education Professional
url https://eprints.ums.ac.id/10423/
work_keys_str_mv AT purwaningsihreni pengaruhpelaksanaanfungsibimbingankonselingdanpenegakanperaturantatatertibsekolahterhadapkedisiplinanpadasiswakelasviiismpnegeri1boyolalitahunpelajaran20062007