PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA CV HARAPAN BARU DI SURAKARTA
Proses pemasaran ini masalah yang dihadapi tidak hanya sebelum barang dibuat tetapi juga barang itu selesai dibuat dan siap dipasarkan, maka dibutuhkan sebuah saluran yang dinamakan saluran distribusi. Penetapan saluran distribusi perusahaan merupakan hal yang mutlak di laksanakan karena ber...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10419/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Proses pemasaran ini masalah yang dihadapi tidak hanya sebelum barang
dibuat tetapi juga barang itu selesai dibuat dan siap dipasarkan, maka dibutuhkan
sebuah saluran yang dinamakan saluran distribusi. Penetapan saluran distribusi
perusahaan merupakan hal yang mutlak di laksanakan karena berpengaruh dalam
usaha mempertahankan aktifitas perusahaan untuk memperoleh keuntungan.
Tercapainya volume penjualan sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan
keberhasilan dari pelaksanaan saluran disribusi yang digunakan oleh perusahaan
di dalam usaha pemasaranya.
Hipotesis yang diajukan adalah: 1) Ada peningkatan volume penjualan
pada CV. Harapan Baru di Surakarta tiap tahun dan 2) Ada pengaruh saluran
distribusi produk non pesanan terhadap peningkatan volume penjualan. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka.
Sedangkan alat analisis yang digunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
saluran distribusi terhadap peningkatan volume penjualan ditunjukkan dengan
harga thitung = 5.565 > ttabel = 3.182, pada taraf signifikansi 5% dengan persamaan
regresi Y = 241054.4 + 0.002X dan besar R² = 0.912 berarti biaya distribusi bisa
menjelaskan volume penjualan sebesar 91.2% sedangkan sisanya sebesar 8.8%
dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak masuk dalam model.
|
---|