ANALISIS TANGGAPAN KONSUMEN TENTANG PELAYANAN JASA DITINJAU DARI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA DEALER PUTRA UTAMA MOTOR DI JL. RAYA NGUTER SUKOHARJO
Semakin meningkatnya persaingan di bidang otomatif, menyebabkan perusahaan memperhitungkan berbagai strategi guna bersaing di pasar. Pelayanan adalah keseluruhan kegiatan yang membuat pelanggan secara mudah mencapai atau memenuhi keinginannya. Dengan adanya pelayanan yang baik diharapkan aka...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10418/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Semakin meningkatnya persaingan di bidang otomatif, menyebabkan
perusahaan memperhitungkan berbagai strategi guna bersaing di pasar. Pelayanan
adalah keseluruhan kegiatan yang membuat pelanggan secara mudah mencapai
atau memenuhi keinginannya. Dengan adanya pelayanan yang baik diharapkan
akan dapat membangun kepuasan pelanggan melalui kualitas pelayanan, sehingga
meningkatkan penjualan jasa perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan jasa yang
diberikan oleh Dealer Putra Utama Motor dan mengetahui kepuasan konsumen
Dealer Putra Utama Motor.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi
semua konsumen yang menggunakan jasa dealer Putra Utama Motor, sampel
diambil sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel incidental sampling
menggunakan angket tertutup.
Hasil pengujian dan analisis terhadap model regresi linier sederhana
didapatkan: y = 19.258 – 0.091x. Koefisien regresi x sebesar -0.091 menunjukkan
hubungan negatif untuk pelayanan jasa (x) terhadap perubahan kepuasan
konsumen ( y). Sedangkan konstanta 19.258 menunjukkan perubahan kepuasan
konsumen (y) jika variabel pelayanan jasa (x) dianggap nol atau tidak ada.
Dengan demikian apabila pelayanan jasa ditingkatkan, maka akan menurunkan
kepuasan konsumen. Sedangkan berdasarkan uji t didapat hasil thitung sebesar
-2.036 ttabel sebesar ±2.000, maka t hitung > t tabel (-2.036 > -2.000) sehingga dapat
dikatakan bahwa ada pengaruh yang negatif dan signifikan antara pelayanan jasa
terhadap kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini nilai t hitung negatif, hal ini
menunjukkan bahwa apabila pelayanan jasa ditingkatkan 1 satuan, maka akan
menurunkan tingkat kepuasan konsumen sebesar 2.036. |
---|