PENGARUH PERPUTARAN PERSEDIAAN BARANG TERHADAP RENTABILITAS PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM SUKOHARJO
Persediaan ditentukan oleh jumlah volume dan harga per satuan. Penilaian persediaan dipengaruhi oleh dua faktor yaitu biaya, metode arus masuk dan keluar barang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel perputaran persediaan barang terhadap rentabilitas Perusahaan Daer...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English English English |
Được phát hành: |
2007
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/10408/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Persediaan ditentukan oleh jumlah volume dan harga per satuan. Penilaian
persediaan dipengaruhi oleh dua faktor yaitu biaya, metode arus masuk dan keluar
barang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel
perputaran persediaan barang terhadap rentabilitas Perusahaan Daerah Air Minum
(PDAM). Jumlah sampel data selama lima tahun dari tahun 2000-2005. Alat
pengumpulan data digunakan dokumentasi, wawancara dan observasi. Pengujian
untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel penelitian menggunakan
uji regresi sederhana dengan uji t dengan syarat pengujian analisis. Hipotesa
dalam penelitian adalah perputaran persdiaan barang berpengaruh terhadap
rentabilitas perusahaan.
Berdasarkan hasil regresi yang dipakai untuk menganalisa pengaruh
perputaran persediaan barang terhadap rentabilitas perusahaan pada PDAM di
Sukoharjo dapat diperoleh persamaan Y = -30,692 + 21,416 X, maka dapat
disimpulkan bahwa persediaan barang terhadap rentabilitas perusahaan PDAM
adalah sebesar 21,416 per satu satuan. Pernyataan ini dibuktikan oleh hasil
persamaan analisa data selama periode tahun 2000-2005 yaitu Y = -30,692 +
21,416X. Dari persamaan tesebut dapat diketahui bahwa rentabilitas perusahaan
pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Sukoharjo di pengaruh oleh
faktor persediaan barang yang ada untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
|
---|