ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN KREDIT DAN VOLUME PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PEDAGANG KECIL DI KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA ( Pada nasabah PD. BKK Laweyan Kota Surakarta )

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kredit dan volume penjualan, baik secara individu maupun bersama - sama terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil yang menjadi nasabah PD. BKK Laweyan Kota Surakarta. Populasi penelitian ini adalah para pedagang kecil yang m...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: SARYANTO , MUHAMMAD DWI
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2007
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/10400/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kredit dan volume penjualan, baik secara individu maupun bersama - sama terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil yang menjadi nasabah PD. BKK Laweyan Kota Surakarta. Populasi penelitian ini adalah para pedagang kecil yang menjadi nasabah PD. BKK Laweyan dan melakukan kegiatan usahanya di wilayah Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 40 orang diambil secara random sampling, dimana semua individu dalam populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket / kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji-t dan uji-F. Dari perhitungan diperoleh harga thitung X1 = 9,029 > ttabel = 2,021, dan thitung X2 = 3,115 > ttabel = 2,021 pada taraf signifikansi 5%. Artinya ada pengaruh secara individu antara pemberian kredit dan volume penjualan terhadap pendapatan. Kemudian dari perhitungan diperoleh pula harga Fhitung = 51,522 > Ftabel = 3,252 pada taraf signifikansi 5%. Artinya ada pengaruh secara bersama – sama yang signifikan antara pemberian kredit dan volume penjualan terhadap pendapatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kredit dan volume penjualan baik secara individu maupun bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil.