PERBEDAAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA GURU NEGERI DI SMAN I WONOSARI DENGAN GURU SWASTA DI SMA MUHAMMADIYAH I KLATEN

Kesejahteraan subjektif (subjective well-being) merupakan cara bagaimana seseorang mengevaluasi dirinya. Evaluasi tersebut meliputi kepuasan hidup, sering merasakan emosi positif seperti kegembiraan, kasih sayang serta jarang merasakan emosi negatif seperti kesedihan dan marah. Penelitian ini bert...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wulandari, Uun Festiana
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10397/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995066905755648
author Wulandari, Uun Festiana
author_facet Wulandari, Uun Festiana
author_sort Wulandari, Uun Festiana
collection ePrints
description Kesejahteraan subjektif (subjective well-being) merupakan cara bagaimana seseorang mengevaluasi dirinya. Evaluasi tersebut meliputi kepuasan hidup, sering merasakan emosi positif seperti kegembiraan, kasih sayang serta jarang merasakan emosi negatif seperti kesedihan dan marah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan subjective well-being pada guru negeri di SMAN I Wonosari dengan guru swasta di SMA Muhammadiyah I Klaten. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan subjective well-being pada guru negeri di SMAN I Wonosari dengan guru swasta di SMA Muhammadiyah I Klaten. Subjective well-being guru negeri di SMAN I Wonosari lebih tinggi di bandingkan dengan guru swasta di SMA Muhammadiyah I Klaten. Penelitian dilaksanakan dengan mengambil populasi di SMA Negeri 1 Wonosari dan SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Subjective Well-Being yang terdiri dari SWLS (Kepuasan Hidup) skala ini diambil dari Gatari (2008) yang diadaptasi dari SWLS yang dikembangkan oleh Diener (1985). Skala PANAS (Afek Positif dan Afek Negatif) Skala ini diambil dari Gatari (2008) yang diadaptasi dari PANAS yang dikembangkan oleh Watson, Clark & Tellegen (1988).. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive non random sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan cirri yang ditentukan terlebih dahulu..subyek dalam penelitian ini sebanyak 80 orang dengan perincian 40 subjek guru negeri di SMAN I Wonosari dan 40 subjek guru swasta di SMA Muhammadiyah I Klaten. Berdasarkan hasil analisis t-test diperoleh nilai t sebesar 3,052 dengan p =0,003 (p< 0,0). Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan subjective well-being (SWB) pada guru negeri di SMAN I Wonosari dengan guru swasta di SMA Muhammadiyah I Klaten. Dan dari hasil analisis data diperoleh nilai rerata guru di sekolah negeri sebesar 105,3088 sedangkan guru swasta SMA Muhammadyah I Klaten sebesar 94,6912. Hasil ini berarti subjective well-being pada guru negeri di SMAN I Wonosari dengan guru di sekolah swasta SMA Muhammadiyah I Klaten tergolong sedang.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10397
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10397 https://eprints.ums.ac.id/10397/ PERBEDAAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA GURU NEGERI DI SMAN I WONOSARI DENGAN GURU SWASTA DI SMA MUHAMMADIYAH I KLATEN Wulandari, Uun Festiana BF Religion and Philosophy Kesejahteraan subjektif (subjective well-being) merupakan cara bagaimana seseorang mengevaluasi dirinya. Evaluasi tersebut meliputi kepuasan hidup, sering merasakan emosi positif seperti kegembiraan, kasih sayang serta jarang merasakan emosi negatif seperti kesedihan dan marah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan subjective well-being pada guru negeri di SMAN I Wonosari dengan guru swasta di SMA Muhammadiyah I Klaten. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan subjective well-being pada guru negeri di SMAN I Wonosari dengan guru swasta di SMA Muhammadiyah I Klaten. Subjective well-being guru negeri di SMAN I Wonosari lebih tinggi di bandingkan dengan guru swasta di SMA Muhammadiyah I Klaten. Penelitian dilaksanakan dengan mengambil populasi di SMA Negeri 1 Wonosari dan SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Subjective Well-Being yang terdiri dari SWLS (Kepuasan Hidup) skala ini diambil dari Gatari (2008) yang diadaptasi dari SWLS yang dikembangkan oleh Diener (1985). Skala PANAS (Afek Positif dan Afek Negatif) Skala ini diambil dari Gatari (2008) yang diadaptasi dari PANAS yang dikembangkan oleh Watson, Clark & Tellegen (1988).. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive non random sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan cirri yang ditentukan terlebih dahulu..subyek dalam penelitian ini sebanyak 80 orang dengan perincian 40 subjek guru negeri di SMAN I Wonosari dan 40 subjek guru swasta di SMA Muhammadiyah I Klaten. Berdasarkan hasil analisis t-test diperoleh nilai t sebesar 3,052 dengan p =0,003 (p< 0,0). Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan subjective well-being (SWB) pada guru negeri di SMAN I Wonosari dengan guru swasta di SMA Muhammadiyah I Klaten. Dan dari hasil analisis data diperoleh nilai rerata guru di sekolah negeri sebesar 105,3088 sedangkan guru swasta SMA Muhammadyah I Klaten sebesar 94,6912. Hasil ini berarti subjective well-being pada guru negeri di SMAN I Wonosari dengan guru di sekolah swasta SMA Muhammadiyah I Klaten tergolong sedang. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10397/1/F100060091.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10397/2/F100060091.pdf Wulandari, Uun Festiana (2010) PERBEDAAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA GURU NEGERI DI SMAN I WONOSARI DENGAN GURU SWASTA DI SMA MUHAMMADIYAH I KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100060091
spellingShingle BF Religion and Philosophy
Wulandari, Uun Festiana
PERBEDAAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA GURU NEGERI DI SMAN I WONOSARI DENGAN GURU SWASTA DI SMA MUHAMMADIYAH I KLATEN
title PERBEDAAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA GURU NEGERI DI SMAN I WONOSARI DENGAN GURU SWASTA DI SMA MUHAMMADIYAH I KLATEN
title_full PERBEDAAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA GURU NEGERI DI SMAN I WONOSARI DENGAN GURU SWASTA DI SMA MUHAMMADIYAH I KLATEN
title_fullStr PERBEDAAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA GURU NEGERI DI SMAN I WONOSARI DENGAN GURU SWASTA DI SMA MUHAMMADIYAH I KLATEN
title_full_unstemmed PERBEDAAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA GURU NEGERI DI SMAN I WONOSARI DENGAN GURU SWASTA DI SMA MUHAMMADIYAH I KLATEN
title_short PERBEDAAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA GURU NEGERI DI SMAN I WONOSARI DENGAN GURU SWASTA DI SMA MUHAMMADIYAH I KLATEN
title_sort perbedaan subjective well being pada guru negeri di sman i wonosari dengan guru swasta di sma muhammadiyah i klaten
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/10397/
work_keys_str_mv AT wulandariuunfestiana perbedaansubjectivewellbeingpadagurunegeridismaniwonosaridenganguruswastadismamuhammadiyahiklaten