ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN BELANJA DI TOSERBA DAN SWALAYAN ZAM-ZAM SALATIGA
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap pengambilan keputusan berbelanja di Toserba Swalayan ZAM-ZAM Salatiga; 2) Untuk mengetahui variabel marketing mix paling signifikan dalam pengambilan keputusan berbelanja di Toserba Swalayan ZA...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10385/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui
pengaruh marketing mix terhadap pengambilan keputusan berbelanja di Toserba
Swalayan ZAM-ZAM Salatiga; 2) Untuk mengetahui variabel marketing mix
paling signifikan dalam pengambilan keputusan berbelanja di Toserba Swalayan
ZAM-ZAM Salatiga.
Penelitian dilakukan di Toserba Swalayan ZAM-ZAM Salatiga. Populasi
dalam penelitian ini adalah konsumen pengunjung Toserba Swalayan
ZAM-ZAM Salatiga dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden.
Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Pengambilan
data dilakukan dengan kuesioner serta alat analisis menggunakan regresi linear
berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, lokasi, dan promosi
berpengaruh terhadap pengambilan keputusan belanja di toserba swalayan
Zam-zam. Hal ini dapat dibuktikan melalui nilai Fhitung sebesar 12,024 >
Ftabel (2,46) dan nilai koefisien determinasi sebesar 30,8% yang
menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel produk, harga, lokasi, dan
promosi terhadap pengambilan keputusan belanja adalah sebesar 30,8%
sedangkan sisanya sebesar 69,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar
penelitian ini.
|
---|