ANALISA PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN JASA BPR-BKK MOJOLABAN SUKOHARJO

Nasabah bank, khususnya BPR saat ini dihadapkan pada berbagai pilihan bank yang menawarkan bermacam- macam atribut jasa yang memikat. Namun keputusan pemilihan bank sebagai tempat meminjam dana sangat tergantung pada kebutuhan nasabah itu sendiri dan alasan mengapa seseorang memilih bank...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RIYADI, SUGENG
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10381/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Nasabah bank, khususnya BPR saat ini dihadapkan pada berbagai pilihan bank yang menawarkan bermacam- macam atribut jasa yang memikat. Namun keputusan pemilihan bank sebagai tempat meminjam dana sangat tergantung pada kebutuhan nasabah itu sendiri dan alasan mengapa seseorang memilih bank tersebut dan bukan bank yang lain juga tergantung pada kepercayaan seseorang pada bank tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh faktor kualitas jasa, jenis kebutuhan, nilai barang jaminan, dan jumlah tanggungan terhadap penggunaan jasa BPR; 2) Faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap penggunaan jasa BPR. Penelitian dilaksanakan di PD. BPR BKK Mojolaban. Sumber data adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner, yaitu data tentang kualitas jasa, jenis kebutuhan, nilai barang jaminan, jumlah tanggungan, dan frekuensi penggunaan jasa BPR. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi, uji F, uji t, dan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Faktor kualitas jasa, jenis kebutuhan, nilai barang jaminan, dan jumlah tanggungan keluarga berpengaruh terhadap penggunaan jasa BPR. Terbukti dari hasil uji F yang yang memperoleh Fhitung (33,702) diterima pada taraf signifikansi 5%. Hal ini membuktikan bahwa pertimbangan konsumen dalam menggunaan jasa BPR dipengaruhi oleh kualitas jasa, jenis kebutuhan, nilai barang jaminan, dan jumlah tanggunga n keluarga. (2) Variabel jenis kebutuhan berpengaruh yang dominan terhadap penggunaan jasa BPR. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan harga thitung untuk variabel jenis kebutuhan lebih besar daripada t itung variabel kualitas jasa, nilai h barang jaminan, dan jumlah tanggungan keluarga (4,735 > 2,812 > 3,857 > 3,851). Hal ini membuktikan bahwa tingkat penggunaan jasa BPR akan lebih meningkat jika jenis kebutuhan konsumen bersifat mendesak.