ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PERBANKAN SYARIAH DI SURAKARTA

Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh dan keterkaitan antara karakteristik konsumen yang terdiri dari tingkat pendidikan, pekerjaan, pendapatan dan tingkat usia dengan atribut bank syariah yang terdiri dari kualitas dan pelayanan d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WASKITO, ARIF
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10366/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995059749224448
author WASKITO, ARIF
author_facet WASKITO, ARIF
author_sort WASKITO, ARIF
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh dan keterkaitan antara karakteristik konsumen yang terdiri dari tingkat pendidikan, pekerjaan, pendapatan dan tingkat usia dengan atribut bank syariah yang terdiri dari kualitas dan pelayanan dalam memilih perbankan syariah. Dalam penelitian ini menggunakan teknik convenience dan purposive sampling. Sampel diambil sebanyak 50 responden nasabah bank syariah yang ada di Surakarta Karakteristik konsumen bank syariah (variabel independen) adalah tingkat pendidikan, tingkat pekerjaan, tingkat pendapatan, dan tingkat usia, sedangkan variabel dependen adalah atribut pemilihan perbankan syariah yang terdiri dari kualitas dan pelayanan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif, yaitu: metode analisis data dengan menggunakan metode statistik untuk mengolah data yang diperoleh. Dalam penelitian ini perhitungan statistik yang digunakan adalah Chi-Square, yaitu untuk mengetahui keterkaitan antara karakteristik konsumen yang meliputi: tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, tingkat pekerjaan dan tingkat usia dengan atribut pemilihan perbankan syariah yang terdiri dari kualitas dan pelayanan dalam pemilihan perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan uji Chi Square yang dalam analisis datanya menggunakan progam komputer SPSS 10.0 for windows, adapun setelah dilakukan analisis data maka diketahui bahwa semua karakteristik konsumen mempunyai keterkaitan atau keterkaitan dengan atribut pemilihan bank syariah, hal ini diketahui dari nilai χ2 hitung yang semuanya > χ2 tabel, yaitu masing-masing untuk pendidikan dengan kualitas sebesar 12,617; pendidikan dengan pelayanan sebesar 9,940; pekerjaan dengan kualitas sebesar 25,131; pekerjaan dengan pelayanan sebesar 24,280; pendapatan dengan kualitas sebesar 21,651; pendapatan dengan pelayanan sebesar 21,843; usia dengan kualitas sebesar 22,203; dan usia dengan pelayanan sebesar 17,082.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10366
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10366 https://eprints.ums.ac.id/10366/ ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PERBANKAN SYARIAH DI SURAKARTA WASKITO, ARIF HD Management, Business and Labor HD28 Management Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh dan keterkaitan antara karakteristik konsumen yang terdiri dari tingkat pendidikan, pekerjaan, pendapatan dan tingkat usia dengan atribut bank syariah yang terdiri dari kualitas dan pelayanan dalam memilih perbankan syariah. Dalam penelitian ini menggunakan teknik convenience dan purposive sampling. Sampel diambil sebanyak 50 responden nasabah bank syariah yang ada di Surakarta Karakteristik konsumen bank syariah (variabel independen) adalah tingkat pendidikan, tingkat pekerjaan, tingkat pendapatan, dan tingkat usia, sedangkan variabel dependen adalah atribut pemilihan perbankan syariah yang terdiri dari kualitas dan pelayanan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif, yaitu: metode analisis data dengan menggunakan metode statistik untuk mengolah data yang diperoleh. Dalam penelitian ini perhitungan statistik yang digunakan adalah Chi-Square, yaitu untuk mengetahui keterkaitan antara karakteristik konsumen yang meliputi: tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, tingkat pekerjaan dan tingkat usia dengan atribut pemilihan perbankan syariah yang terdiri dari kualitas dan pelayanan dalam pemilihan perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan uji Chi Square yang dalam analisis datanya menggunakan progam komputer SPSS 10.0 for windows, adapun setelah dilakukan analisis data maka diketahui bahwa semua karakteristik konsumen mempunyai keterkaitan atau keterkaitan dengan atribut pemilihan bank syariah, hal ini diketahui dari nilai χ2 hitung yang semuanya > χ2 tabel, yaitu masing-masing untuk pendidikan dengan kualitas sebesar 12,617; pendidikan dengan pelayanan sebesar 9,940; pekerjaan dengan kualitas sebesar 25,131; pekerjaan dengan pelayanan sebesar 24,280; pendapatan dengan kualitas sebesar 21,651; pendapatan dengan pelayanan sebesar 21,843; usia dengan kualitas sebesar 22,203; dan usia dengan pelayanan sebesar 17,082. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10366/1/01_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10366/4/02_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10366/7/03_BAB__II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10366/10/04_BAB_III-Arif_Waskito.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10366/11/05_BAB_IV_-_Arif_Waskito.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10366/16/06_BAB_V_-_Arif.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10366/20/07_Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10366/22/08_KUESIONER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10366/25/09_Arif_Waskito.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10366/28/10_Hasil_Olah_Data.pdf WASKITO, ARIF (2007) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PERBANKAN SYARIAH DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. B100020292
spellingShingle HD Management, Business and Labor
HD28 Management
WASKITO, ARIF
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PERBANKAN SYARIAH DI SURAKARTA
title ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PERBANKAN SYARIAH DI SURAKARTA
title_full ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PERBANKAN SYARIAH DI SURAKARTA
title_fullStr ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PERBANKAN SYARIAH DI SURAKARTA
title_full_unstemmed ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PERBANKAN SYARIAH DI SURAKARTA
title_short ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PERBANKAN SYARIAH DI SURAKARTA
title_sort analisis perilaku konsumen dalam memilih perbankan syariah di surakarta
topic HD Management, Business and Labor
HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/10366/
work_keys_str_mv AT waskitoarif analisisperilakukonsumendalammemilihperbankansyariahdisurakarta