ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PERBANKAN SYARIAH DI SURAKARTA

Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh dan keterkaitan antara karakteristik konsumen yang terdiri dari tingkat pendidikan, pekerjaan, pendapatan dan tingkat usia dengan atribut bank syariah yang terdiri dari kualitas dan pelayanan d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WASKITO, ARIF
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10366/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh dan keterkaitan antara karakteristik konsumen yang terdiri dari tingkat pendidikan, pekerjaan, pendapatan dan tingkat usia dengan atribut bank syariah yang terdiri dari kualitas dan pelayanan dalam memilih perbankan syariah. Dalam penelitian ini menggunakan teknik convenience dan purposive sampling. Sampel diambil sebanyak 50 responden nasabah bank syariah yang ada di Surakarta Karakteristik konsumen bank syariah (variabel independen) adalah tingkat pendidikan, tingkat pekerjaan, tingkat pendapatan, dan tingkat usia, sedangkan variabel dependen adalah atribut pemilihan perbankan syariah yang terdiri dari kualitas dan pelayanan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif, yaitu: metode analisis data dengan menggunakan metode statistik untuk mengolah data yang diperoleh. Dalam penelitian ini perhitungan statistik yang digunakan adalah Chi-Square, yaitu untuk mengetahui keterkaitan antara karakteristik konsumen yang meliputi: tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, tingkat pekerjaan dan tingkat usia dengan atribut pemilihan perbankan syariah yang terdiri dari kualitas dan pelayanan dalam pemilihan perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan uji Chi Square yang dalam analisis datanya menggunakan progam komputer SPSS 10.0 for windows, adapun setelah dilakukan analisis data maka diketahui bahwa semua karakteristik konsumen mempunyai keterkaitan atau keterkaitan dengan atribut pemilihan bank syariah, hal ini diketahui dari nilai χ2 hitung yang semuanya > χ2 tabel, yaitu masing-masing untuk pendidikan dengan kualitas sebesar 12,617; pendidikan dengan pelayanan sebesar 9,940; pekerjaan dengan kualitas sebesar 25,131; pekerjaan dengan pelayanan sebesar 24,280; pendapatan dengan kualitas sebesar 21,651; pendapatan dengan pelayanan sebesar 21,843; usia dengan kualitas sebesar 22,203; dan usia dengan pelayanan sebesar 17,082.