ANALISIS PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT Dr. OEN SOLO BARU

Kepuasan pelanggan merupakan kinerja yang dirasa pasien setelah memperoleh pelayanan dari rumah sakit sama dengan atau melebihi harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan dari dimensi, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empati terhadap loyalit...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: SUHENDRA, SUHENDRA
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
Хэвлэсэн: 2010
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/10336/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
_version_ 1804995052945014784
author SUHENDRA, SUHENDRA
author_facet SUHENDRA, SUHENDRA
author_sort SUHENDRA, SUHENDRA
collection ePrints
description Kepuasan pelanggan merupakan kinerja yang dirasa pasien setelah memperoleh pelayanan dari rumah sakit sama dengan atau melebihi harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan dari dimensi, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empati terhadap loyalitas pelanggan dan seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan instrument berupa kuesioner yang disebarkan pada pelanggan rumah sakit Dr. Oen, Solo. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling (accidental sampling) sehingga diperoleh 100 responden sebagai sampel. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda diperoleh bahwa dimensi tangible, reliability, assurance, dan responsiveness berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan sedangkan dimensi empati berpengaruh negatif terhadap loyalitas pelanggan. Dari hasil uji t dapat diketahui bahwa secara parsial variabel tangible, dan responsiveness berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan karena nilai thitung > ttabel. Sedangkan variabel reliability, assurance dan empati secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan karena nilai thitung < ttabel. Besarnya koefisien determinasi (R2) adalah 0,584, artinya loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel tangible, reliability, responseveness, assurance dan empati sebesar 58,4% sedangkan sisanya sebesar 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model yang diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10336
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10336 https://eprints.ums.ac.id/10336/ ANALISIS PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT Dr. OEN SOLO BARU SUHENDRA, SUHENDRA HD Management, Business and Labor Kepuasan pelanggan merupakan kinerja yang dirasa pasien setelah memperoleh pelayanan dari rumah sakit sama dengan atau melebihi harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan dari dimensi, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empati terhadap loyalitas pelanggan dan seberapa besar pengaruh tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan instrument berupa kuesioner yang disebarkan pada pelanggan rumah sakit Dr. Oen, Solo. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling (accidental sampling) sehingga diperoleh 100 responden sebagai sampel. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda diperoleh bahwa dimensi tangible, reliability, assurance, dan responsiveness berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan sedangkan dimensi empati berpengaruh negatif terhadap loyalitas pelanggan. Dari hasil uji t dapat diketahui bahwa secara parsial variabel tangible, dan responsiveness berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan karena nilai thitung > ttabel. Sedangkan variabel reliability, assurance dan empati secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan karena nilai thitung < ttabel. Besarnya koefisien determinasi (R2) adalah 0,584, artinya loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel tangible, reliability, responseveness, assurance dan empati sebesar 58,4% sedangkan sisanya sebesar 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model yang diteliti. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10336/4/D600020131.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10336/1/D600020131.pdf SUHENDRA, SUHENDRA (2010) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT Dr. OEN SOLO BARU. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D600020131
spellingShingle HD Management, Business and Labor
SUHENDRA, SUHENDRA
ANALISIS PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT Dr. OEN SOLO BARU
title ANALISIS PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT Dr. OEN SOLO BARU
title_full ANALISIS PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT Dr. OEN SOLO BARU
title_fullStr ANALISIS PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT Dr. OEN SOLO BARU
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT Dr. OEN SOLO BARU
title_short ANALISIS PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT Dr. OEN SOLO BARU
title_sort analisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pasien rawat inap di rumah sakit dr oen solo baru
topic HD Management, Business and Labor
url https://eprints.ums.ac.id/10336/
work_keys_str_mv AT suhendrasuhendra analisispengaruhkepuasanterhadaployalitaspasienrawatinapdirumahsakitdroensolobaru