ANALISA KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENGETAHUI PERSEPSI DAN HARAPAN PELANGGAN DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (Studi Kasus : PT. Tri Kartika Megah, Salatiga)

Masalah pelayanan merupakan hal paling penting dari perusahaan jasa pada konsumen. Pada prakteknya sering pelayanan terhadap konsumen terlewatkan, sehingga konsumen merasa kurang atau bahkan tidak puas. Metode service quality merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui kualitas kriteria-kriteri...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SAMPURNO, JIWO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10333/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995052143902720
author SAMPURNO, JIWO
author_facet SAMPURNO, JIWO
author_sort SAMPURNO, JIWO
collection ePrints
description Masalah pelayanan merupakan hal paling penting dari perusahaan jasa pada konsumen. Pada prakteknya sering pelayanan terhadap konsumen terlewatkan, sehingga konsumen merasa kurang atau bahkan tidak puas. Metode service quality merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui kualitas kriteria-kriteria pelayanan. Sehingga dapat diketahui kriteria-kriteria mana saja yang menjadi persepsi dan harapan pelanggan. Penelitian dilakukan pada PT. Tri Kartika Megah Salatiga. Pengumpulan data dengan metode observasi, kuesioner, dan riset pustaka, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa data kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling dari populasi yang berupa pelanggan langsung. Pengolahan data dilakukan dengan uji kecukupan data, uji validitas, reliabilitas, dan pengujian servqual. Berdasarkan dari hasil analisis servqual didapatkan hasil gap dari masing-masing dimensi. Pada dimensi bukti fisik (tangibles) mempunyai nilai sebesar 0,35, dimensi keandalan (reliability) sebesar 0,11, dimensi daya tanggap (responsiveness) sebesar 0,15, dimensi jaminan (assurance) sebesar -0,07 dan dimensi empati (emphaty) mempunyai nilai sebesar 0,23.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10333
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10333 https://eprints.ums.ac.id/10333/ ANALISA KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENGETAHUI PERSEPSI DAN HARAPAN PELANGGAN DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (Studi Kasus : PT. Tri Kartika Megah, Salatiga) SAMPURNO, JIWO HD Management, Business and Labor Masalah pelayanan merupakan hal paling penting dari perusahaan jasa pada konsumen. Pada prakteknya sering pelayanan terhadap konsumen terlewatkan, sehingga konsumen merasa kurang atau bahkan tidak puas. Metode service quality merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui kualitas kriteria-kriteria pelayanan. Sehingga dapat diketahui kriteria-kriteria mana saja yang menjadi persepsi dan harapan pelanggan. Penelitian dilakukan pada PT. Tri Kartika Megah Salatiga. Pengumpulan data dengan metode observasi, kuesioner, dan riset pustaka, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa data kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling dari populasi yang berupa pelanggan langsung. Pengolahan data dilakukan dengan uji kecukupan data, uji validitas, reliabilitas, dan pengujian servqual. Berdasarkan dari hasil analisis servqual didapatkan hasil gap dari masing-masing dimensi. Pada dimensi bukti fisik (tangibles) mempunyai nilai sebesar 0,35, dimensi keandalan (reliability) sebesar 0,11, dimensi daya tanggap (responsiveness) sebesar 0,15, dimensi jaminan (assurance) sebesar -0,07 dan dimensi empati (emphaty) mempunyai nilai sebesar 0,23. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10333/1/D600010144.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10333/4/D600010144.pdf SAMPURNO, JIWO (2010) ANALISA KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENGETAHUI PERSEPSI DAN HARAPAN PELANGGAN DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (Studi Kasus : PT. Tri Kartika Megah, Salatiga). Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D600010144
spellingShingle HD Management, Business and Labor
SAMPURNO, JIWO
ANALISA KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENGETAHUI PERSEPSI DAN HARAPAN PELANGGAN DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (Studi Kasus : PT. Tri Kartika Megah, Salatiga)
title ANALISA KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENGETAHUI PERSEPSI DAN HARAPAN PELANGGAN DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (Studi Kasus : PT. Tri Kartika Megah, Salatiga)
title_full ANALISA KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENGETAHUI PERSEPSI DAN HARAPAN PELANGGAN DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (Studi Kasus : PT. Tri Kartika Megah, Salatiga)
title_fullStr ANALISA KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENGETAHUI PERSEPSI DAN HARAPAN PELANGGAN DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (Studi Kasus : PT. Tri Kartika Megah, Salatiga)
title_full_unstemmed ANALISA KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENGETAHUI PERSEPSI DAN HARAPAN PELANGGAN DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (Studi Kasus : PT. Tri Kartika Megah, Salatiga)
title_short ANALISA KUALITAS PELAYANAN UNTUK MENGETAHUI PERSEPSI DAN HARAPAN PELANGGAN DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (Studi Kasus : PT. Tri Kartika Megah, Salatiga)
title_sort analisa kualitas pelayanan untuk mengetahui persepsi dan harapan pelanggan dengan metode service quality servqual studi kasus pt tri kartika megah salatiga
topic HD Management, Business and Labor
url https://eprints.ums.ac.id/10333/
work_keys_str_mv AT sampurnojiwo analisakualitaspelayananuntukmengetahuipersepsidanharapanpelanggandenganmetodeservicequalityservqualstudikasuspttrikartikamegahsalatiga