IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA BANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PTK Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pacitan)

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran SAVI dengan mengoptimalkan alat peraga, 2) meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan kubus dan balok, 3) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembe...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: FARIZANDI, DONY
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
Được phát hành: 2010
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/10317/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran SAVI dengan mengoptimalkan alat peraga, 2) meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan kubus dan balok, 3) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran SAVI dengan mengoptimalkan alat peraga bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI Ak4 SMK Negeri 2 Pacitan yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa yang antusias dalam belajar sebelum tindakan sebesar 24,3%, sesudah tindakan menjadi 78,3%, 2) siswa yang mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 16,2%, sesudah tindakan naik menjadi 62,1%, 3) siswa yang menanggapi pertanyaan yang diajukan guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 35,1%, sesudah tindakan naik menjadi 83,7%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebesar 48,6%, sesudah tindakan naik menjadi 89,2%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model SAVI dalam pembelajaran matematika pokok bahasan kubus dan balok dengan mengoptimalkan alat peraga bangun ruang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sehingga berdampak pada prestasi belajar.