IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA BANGUN RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PTK Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pacitan)

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran SAVI dengan mengoptimalkan alat peraga, 2) meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan kubus dan balok, 3) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembe...

Descrición completa

Gardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor Principal: FARIZANDI, DONY
Formato: Thesis
Idioma:English
English
Publicado: 2010
Subjects:
Acceso en liña:https://eprints.ums.ac.id/10317/
Tags: Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
Descripción
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendiskripsikan proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran SAVI dengan mengoptimalkan alat peraga, 2) meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan kubus dan balok, 3) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran SAVI dengan mengoptimalkan alat peraga bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI Ak4 SMK Negeri 2 Pacitan yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa yang antusias dalam belajar sebelum tindakan sebesar 24,3%, sesudah tindakan menjadi 78,3%, 2) siswa yang mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 16,2%, sesudah tindakan naik menjadi 62,1%, 3) siswa yang menanggapi pertanyaan yang diajukan guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 35,1%, sesudah tindakan naik menjadi 83,7%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebesar 48,6%, sesudah tindakan naik menjadi 89,2%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model SAVI dalam pembelajaran matematika pokok bahasan kubus dan balok dengan mengoptimalkan alat peraga bangun ruang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sehingga berdampak pada prestasi belajar.