ANALISIS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) KELAS VII SMP PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah konsep dalam tiap-tiap bab, sub bab, dan sub-sub bab buku sekolah elektronik kelas VII SMP/MTs sudah dikenalkan secara kontekstual. Untuk itu diambil semua buku BSE kelas VII yang ada yang berjumlah empat judul. Penelitian dilaksanakan dengan meliha...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WALUYO, MOHAMAD
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10314/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995046995394560
author WALUYO, MOHAMAD
author_facet WALUYO, MOHAMAD
author_sort WALUYO, MOHAMAD
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah konsep dalam tiap-tiap bab, sub bab, dan sub-sub bab buku sekolah elektronik kelas VII SMP/MTs sudah dikenalkan secara kontekstual. Untuk itu diambil semua buku BSE kelas VII yang ada yang berjumlah empat judul. Penelitian dilaksanakan dengan melihat penyajian konsep pada awal bab, sub bab, dan sub-sub yang sudah dikenalkan secara kontekstual atau tidak, serta melihat kesesuaian masalah kontekstual yang diberikan dengan konsep dan kehidupan sehari-hari siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Buku yang berjudul Matematika ‘Contextual Teaching and Learning’ yang ditulis oleh Atik Wintarti, dkk. mempunyai persentase pengenalan konsep secara kontekstual paling tinggi (42,99%). Buku dengan judul ‘Matematika konsep dan Aplikasinya’ yang ditulis oleh Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni paling banyak kedua (27,36%), Buku yang ditulis Dame Rosida Manik dengan judul ‘Penunjang Belajar Matematika’ mempunyai 23,03%. Sedangkan buku yang berjudul ‘Pegangan Belajar Matematika’ yang ditulis oleh A. Wagiyo, dkk. memiliki persentase contextual problem paling rendah yaitu 17,14%, ini berarti dari keempat buku belum maksimal dalam mengenalkan konsep secara kontekstual. Dari masalah kontekstual yang diberikan sebagian besar sudah sesuai dengan kebutuhan siswa. (2) Ada 31 Bab dari empat buku, 64,52% yang dikenalkan secara kontestual. Total Sub Bab ada 153 dan 22,22% yang dikenalkan secara kontekstual. Sedangkan dari total 394 Sub-sub Bab dari keempat buku hanya 26,14% yang dikenalkan secara kontekstual. (3) Buku Atik Wintarti dan A Wagiyo mempunyai kekurangan dalam mengenalkan konsep secara kontekstual pada aspek geometri, buku Dewi Nuharini pada bilangan dan aljabar, sedangkan buku Dame Rosida Manik pada aljabar dan geometri.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10314
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10314 https://eprints.ums.ac.id/10314/ ANALISIS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) KELAS VII SMP PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL WALUYO, MOHAMAD LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah konsep dalam tiap-tiap bab, sub bab, dan sub-sub bab buku sekolah elektronik kelas VII SMP/MTs sudah dikenalkan secara kontekstual. Untuk itu diambil semua buku BSE kelas VII yang ada yang berjumlah empat judul. Penelitian dilaksanakan dengan melihat penyajian konsep pada awal bab, sub bab, dan sub-sub yang sudah dikenalkan secara kontekstual atau tidak, serta melihat kesesuaian masalah kontekstual yang diberikan dengan konsep dan kehidupan sehari-hari siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Buku yang berjudul Matematika ‘Contextual Teaching and Learning’ yang ditulis oleh Atik Wintarti, dkk. mempunyai persentase pengenalan konsep secara kontekstual paling tinggi (42,99%). Buku dengan judul ‘Matematika konsep dan Aplikasinya’ yang ditulis oleh Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni paling banyak kedua (27,36%), Buku yang ditulis Dame Rosida Manik dengan judul ‘Penunjang Belajar Matematika’ mempunyai 23,03%. Sedangkan buku yang berjudul ‘Pegangan Belajar Matematika’ yang ditulis oleh A. Wagiyo, dkk. memiliki persentase contextual problem paling rendah yaitu 17,14%, ini berarti dari keempat buku belum maksimal dalam mengenalkan konsep secara kontekstual. Dari masalah kontekstual yang diberikan sebagian besar sudah sesuai dengan kebutuhan siswa. (2) Ada 31 Bab dari empat buku, 64,52% yang dikenalkan secara kontestual. Total Sub Bab ada 153 dan 22,22% yang dikenalkan secara kontekstual. Sedangkan dari total 394 Sub-sub Bab dari keempat buku hanya 26,14% yang dikenalkan secara kontekstual. (3) Buku Atik Wintarti dan A Wagiyo mempunyai kekurangan dalam mengenalkan konsep secara kontekstual pada aspek geometri, buku Dewi Nuharini pada bilangan dan aljabar, sedangkan buku Dame Rosida Manik pada aljabar dan geometri. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10314/2/A410060165.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10314/1/A410060165.pdf WALUYO, MOHAMAD (2010) ANALISIS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) KELAS VII SMP PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060165
spellingShingle LB Theory and practice of education
WALUYO, MOHAMAD
ANALISIS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) KELAS VII SMP PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
title ANALISIS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) KELAS VII SMP PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
title_full ANALISIS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) KELAS VII SMP PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
title_fullStr ANALISIS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) KELAS VII SMP PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
title_full_unstemmed ANALISIS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) KELAS VII SMP PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
title_short ANALISIS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) KELAS VII SMP PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
title_sort analisis buku sekolah elektronik bse kelas vii smp pelajaran matematika ditinjau dari implementasi pendekatan kontekstual
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/10314/
work_keys_str_mv AT waluyomohamad analisisbukusekolahelektronikbsekelasviismppelajaranmatematikaditinjaudariimplementasipendekatankontekstual