APLIKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS-ARAB UNTUK ANAK-ANAK
Pada era globalisasi ini pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berkembang dengan sangat cepat dan menghasilkan inovasi-inovasi baru yang harus diimbangi dengan kemampuan beradaptasi terhadap teknologi tersebut. Salah satu dari bidang tersebut adalah teknologi informasi yang berbasis Kom...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10234/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995025589764096 |
---|---|
author | UTOMO, ELY |
author_facet | UTOMO, ELY |
author_sort | UTOMO, ELY |
collection | ePrints |
description | Pada era globalisasi ini pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berkembang dengan sangat cepat dan menghasilkan inovasi-inovasi baru yang harus diimbangi dengan kemampuan beradaptasi terhadap teknologi tersebut. Salah satu dari bidang tersebut adalah teknologi informasi yang berbasis Komputer Multimedia. Pemakaian komputer beserta aplikasinya sekarang sudah merambah berbagai usia. Tidak hanya pemakaian orang dewasa saja. Akan tetapi sekarang anak-anak sudah mulai dikenal dengan komputer. Hal ini dikarenakan komputer sangat aplikatif untuk berbagai hal baik itu untuk pembelajaran atau alat bantunya.
Program Aplikasi adalah program siap pakai. Program yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi lain. Aplikasi pengenalan bahas Inggris-Arab ini dapat dibuat untuk mempermudah dalam proses belajar dan menghafal nama- nama hewan beserta suaranya. Aplikasi ini menggunakan pemrograman Java NetBeans 6.7 dan tidak menggunakan database, pada pembuatan aplikasi ini hanya berjumlah 30 hewan. Aplikasi ini sangat interaktif dan mudah dalam penggunaanya
Penulis melakukan metode penelitian dengan mengambil data dari guru atau pengajar taman kanak-kanak, selain itu juga mengambil smber lewat internet. Penelitian yang penulis lakukan ini, memiliki tahapan dalam pelaksanananya. Mulai dari pengkonsepan hingga selesai. Pengkonsepan aplikasi adalah hal pertama yang penulis lakukan, dan setelah itu penulis membuat kerangka aplikasi. Setelah kerangka aplikasi selesai dibuat, penulis mulai melakukan pengamatan nama – nama hewan hingga data yang diperlukan lengkap semuanya. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dipilah dan dikelompokan sesuai kebutuhan, setelah itu dilakukan analisa data. Penulis mulai membuat aplikasi setelah semuanya siap, baik itu data-data maupun pengelompokannya.
Aplikasi pengenalan bahas Inggris-Arab tersebut setelah selesai dapat diakses dan dijalankan dengan mudah, menu-menu navigasi jelas dalam menampilkan halaman yang akan dituju. Selain itu aplikasi tersebut dapat dijalankan pada semua computer. Penilaian dari responden pengajar mengatakan bahwa kemudahan penggunaan dari aplikasi cukup mudah sebanyak 70%, dan yang 20%nya memilih sangat mudah dalam pengoperasian aplikasi ini dan yang 10% untuk obsi mudah, untuk responden anak didik di dapatkan data 30% responden menilai sangat bagus dari keseluruh aplikasi tersebut, dan 60% mengatakan bagus. Untuk kekuranganya yang 10% menyatakan cukup bagus.
Pada akhirnya, pembuatan aplikasi pengenalan bahas Inggris-Arab dapat membantu dan mempermudah pengguna dalam proses belajar. Aplikasi memiliki tampilan yang menarik sehingga dapat merangsang siswa untuk lebih tertarik dalam belajar bahasa Inggris - Arab. Hasil dari penggunaan aplikasi juga telah diketahui lewat kuisioner responden yang sebagia besar menyatakan puas terhadap aplikasi.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10234 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10234 https://eprints.ums.ac.id/10234/ APLIKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS-ARAB UNTUK ANAK-ANAK UTOMO, ELY QA75 Electronic computers. Computer science QA76 Computer software Pada era globalisasi ini pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berkembang dengan sangat cepat dan menghasilkan inovasi-inovasi baru yang harus diimbangi dengan kemampuan beradaptasi terhadap teknologi tersebut. Salah satu dari bidang tersebut adalah teknologi informasi yang berbasis Komputer Multimedia. Pemakaian komputer beserta aplikasinya sekarang sudah merambah berbagai usia. Tidak hanya pemakaian orang dewasa saja. Akan tetapi sekarang anak-anak sudah mulai dikenal dengan komputer. Hal ini dikarenakan komputer sangat aplikatif untuk berbagai hal baik itu untuk pembelajaran atau alat bantunya. Program Aplikasi adalah program siap pakai. Program yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi lain. Aplikasi pengenalan bahas Inggris-Arab ini dapat dibuat untuk mempermudah dalam proses belajar dan menghafal nama- nama hewan beserta suaranya. Aplikasi ini menggunakan pemrograman Java NetBeans 6.7 dan tidak menggunakan database, pada pembuatan aplikasi ini hanya berjumlah 30 hewan. Aplikasi ini sangat interaktif dan mudah dalam penggunaanya Penulis melakukan metode penelitian dengan mengambil data dari guru atau pengajar taman kanak-kanak, selain itu juga mengambil smber lewat internet. Penelitian yang penulis lakukan ini, memiliki tahapan dalam pelaksanananya. Mulai dari pengkonsepan hingga selesai. Pengkonsepan aplikasi adalah hal pertama yang penulis lakukan, dan setelah itu penulis membuat kerangka aplikasi. Setelah kerangka aplikasi selesai dibuat, penulis mulai melakukan pengamatan nama – nama hewan hingga data yang diperlukan lengkap semuanya. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dipilah dan dikelompokan sesuai kebutuhan, setelah itu dilakukan analisa data. Penulis mulai membuat aplikasi setelah semuanya siap, baik itu data-data maupun pengelompokannya. Aplikasi pengenalan bahas Inggris-Arab tersebut setelah selesai dapat diakses dan dijalankan dengan mudah, menu-menu navigasi jelas dalam menampilkan halaman yang akan dituju. Selain itu aplikasi tersebut dapat dijalankan pada semua computer. Penilaian dari responden pengajar mengatakan bahwa kemudahan penggunaan dari aplikasi cukup mudah sebanyak 70%, dan yang 20%nya memilih sangat mudah dalam pengoperasian aplikasi ini dan yang 10% untuk obsi mudah, untuk responden anak didik di dapatkan data 30% responden menilai sangat bagus dari keseluruh aplikasi tersebut, dan 60% mengatakan bagus. Untuk kekuranganya yang 10% menyatakan cukup bagus. Pada akhirnya, pembuatan aplikasi pengenalan bahas Inggris-Arab dapat membantu dan mempermudah pengguna dalam proses belajar. Aplikasi memiliki tampilan yang menarik sehingga dapat merangsang siswa untuk lebih tertarik dalam belajar bahasa Inggris - Arab. Hasil dari penggunaan aplikasi juga telah diketahui lewat kuisioner responden yang sebagia besar menyatakan puas terhadap aplikasi. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10234/1/D400050017.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10234/3/D400050017.pdf UTOMO, ELY (2010) APLIKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS-ARAB UNTUK ANAK-ANAK. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D400050017 |
spellingShingle | QA75 Electronic computers. Computer science QA76 Computer software UTOMO, ELY APLIKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS-ARAB UNTUK ANAK-ANAK |
title | APLIKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS-ARAB UNTUK ANAK-ANAK
|
title_full | APLIKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS-ARAB UNTUK ANAK-ANAK
|
title_fullStr | APLIKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS-ARAB UNTUK ANAK-ANAK
|
title_full_unstemmed | APLIKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS-ARAB UNTUK ANAK-ANAK
|
title_short | APLIKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS-ARAB UNTUK ANAK-ANAK
|
title_sort | aplikasi pengenalan nama hewan dalam bahasa inggris arab untuk anak anak |
topic | QA75 Electronic computers. Computer science QA76 Computer software |
url | https://eprints.ums.ac.id/10234/ |
work_keys_str_mv | AT utomoely aplikasipengenalannamahewandalambahasainggrisarabuntukanakanak |