PENGARUH PENEKANAN TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PADA BAHAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR DENGAN SERAT ALAM BONGGOL ( JANGGEL) JAGUNG

Kampas rem merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan khususnya kendaraan darat. Terutama pada saat kendaraan berkecepatan tinggi fungsi kampas rem memiliki peranan penting, bahkan keselamatan jiwa manusia tergantung pada keamp...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SARWANTO, YUDI AGUS
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10087/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994985132556288
author SARWANTO, YUDI AGUS
author_facet SARWANTO, YUDI AGUS
author_sort SARWANTO, YUDI AGUS
collection ePrints
description Kampas rem merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan khususnya kendaraan darat. Terutama pada saat kendaraan berkecepatan tinggi fungsi kampas rem memiliki peranan penting, bahkan keselamatan jiwa manusia tergantung pada keampuhan dari bahan kampas rem. Maka diperlukan rancangan khusus pada bahan kampas tersebut. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1)30 % serbuk aluminium, 30% serbuk bonggol jagung, 30% serbuk magnesium oksida dan 10% resin polyester dengan katalis sebagai pengikatnya. 2)25 % serbuk aluminium, 40 % serbuk bonggol jagung, 25 % serbuk magnesium oksida, 10 % resin polyester dengan katalis sebagai pengikatnya. 3)20 % serbuk aluminium, 50 % serbuk bonggol jagung, 20 % serbuk magnesium oksida, 10 % resin polyester dengan katalis sebagai pengikatnya. Pembuatan kampas rem dipress/kompaksi dengan beban 0,5 ton, 1 ton dan 1,5 ton selama 10 menit, kemudian di sintering dengan suhu 200° C, . Pengujian yang dilakukan meliputi uji kekerasan Brinell dan uji keausan Ogoshi. Dari data hasil penelitian uji kekerasan di peroleh kekerasan yang paling besar yaitu pada bahan 30 % Al, 30 % serbuk bonggol jagung, 30 % MgO, 10 % resin dan 20 % Al, 50 % serbuk bonggol jagung, 20 % MgO, 10 % resin dengan nilai kekerasan 12,71 HB dengan kompaksi 1,5 ton dan nilai kekerasan terendah pada bahan 20 % Al, 50 % serbuk bonggol jagung, 20 % MgO, 10 % resin dengan nilai kekerasan 8,47 HB. Selain itu peningkatan kompaksi juga berpengaruh terjadi peningkatan nilai keausan walaupun tidak terlalu segnifikan. Nilai keausan tertinggi pada bahan 20 % Al, 50 % serbuk bonggol jagung, 20 % MgO, 10 % resin dengan kompaksi 0,5 ton yaitu 0,000001768 mm2/Kg dan nilai keausan terendah pada bahan 30 % Al, 30 % serbuk bonggol jagung, 30 % MgO, 10 % resin dengan kompaksi 1 ton yaitu 0,000000954 mm2/kg.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10087
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10087 https://eprints.ums.ac.id/10087/ PENGARUH PENEKANAN TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PADA BAHAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR DENGAN SERAT ALAM BONGGOL ( JANGGEL) JAGUNG SARWANTO, YUDI AGUS TJ Mechanical engineering and machinery Kampas rem merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan khususnya kendaraan darat. Terutama pada saat kendaraan berkecepatan tinggi fungsi kampas rem memiliki peranan penting, bahkan keselamatan jiwa manusia tergantung pada keampuhan dari bahan kampas rem. Maka diperlukan rancangan khusus pada bahan kampas tersebut. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1)30 % serbuk aluminium, 30% serbuk bonggol jagung, 30% serbuk magnesium oksida dan 10% resin polyester dengan katalis sebagai pengikatnya. 2)25 % serbuk aluminium, 40 % serbuk bonggol jagung, 25 % serbuk magnesium oksida, 10 % resin polyester dengan katalis sebagai pengikatnya. 3)20 % serbuk aluminium, 50 % serbuk bonggol jagung, 20 % serbuk magnesium oksida, 10 % resin polyester dengan katalis sebagai pengikatnya. Pembuatan kampas rem dipress/kompaksi dengan beban 0,5 ton, 1 ton dan 1,5 ton selama 10 menit, kemudian di sintering dengan suhu 200° C, . Pengujian yang dilakukan meliputi uji kekerasan Brinell dan uji keausan Ogoshi. Dari data hasil penelitian uji kekerasan di peroleh kekerasan yang paling besar yaitu pada bahan 30 % Al, 30 % serbuk bonggol jagung, 30 % MgO, 10 % resin dan 20 % Al, 50 % serbuk bonggol jagung, 20 % MgO, 10 % resin dengan nilai kekerasan 12,71 HB dengan kompaksi 1,5 ton dan nilai kekerasan terendah pada bahan 20 % Al, 50 % serbuk bonggol jagung, 20 % MgO, 10 % resin dengan nilai kekerasan 8,47 HB. Selain itu peningkatan kompaksi juga berpengaruh terjadi peningkatan nilai keausan walaupun tidak terlalu segnifikan. Nilai keausan tertinggi pada bahan 20 % Al, 50 % serbuk bonggol jagung, 20 % MgO, 10 % resin dengan kompaksi 0,5 ton yaitu 0,000001768 mm2/Kg dan nilai keausan terendah pada bahan 30 % Al, 30 % serbuk bonggol jagung, 30 % MgO, 10 % resin dengan kompaksi 1 ton yaitu 0,000000954 mm2/kg. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10087/3/D200050024.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10087/1/D200050024.pdf SARWANTO, YUDI AGUS (2010) PENGARUH PENEKANAN TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PADA BAHAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR DENGAN SERAT ALAM BONGGOL ( JANGGEL) JAGUNG. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200050024
spellingShingle TJ Mechanical engineering and machinery
SARWANTO, YUDI AGUS
PENGARUH PENEKANAN TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PADA BAHAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR DENGAN SERAT ALAM BONGGOL ( JANGGEL) JAGUNG
title PENGARUH PENEKANAN TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PADA BAHAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR DENGAN SERAT ALAM BONGGOL ( JANGGEL) JAGUNG
title_full PENGARUH PENEKANAN TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PADA BAHAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR DENGAN SERAT ALAM BONGGOL ( JANGGEL) JAGUNG
title_fullStr PENGARUH PENEKANAN TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PADA BAHAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR DENGAN SERAT ALAM BONGGOL ( JANGGEL) JAGUNG
title_full_unstemmed PENGARUH PENEKANAN TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PADA BAHAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR DENGAN SERAT ALAM BONGGOL ( JANGGEL) JAGUNG
title_short PENGARUH PENEKANAN TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PADA BAHAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR DENGAN SERAT ALAM BONGGOL ( JANGGEL) JAGUNG
title_sort pengaruh penekanan terhadap sifat fisis dan mekanis pada bahan kampas rem sepeda motor dengan serat alam bonggol janggel jagung
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url https://eprints.ums.ac.id/10087/
work_keys_str_mv AT sarwantoyudiagus pengaruhpenekananterhadapsifatfisisdanmekanispadabahankampasremsepedamotordenganseratalambonggoljanggeljagung