PENELITIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO

Tujuan penelitian pembuatan rem komposit kereta api menggunakan pasir besi non ferro ini untuk mengetahui keausan bahan komposit rem kereta api, mengetahui kekerasan bahan komposit rem kereta api dan mengetahui sifat fisis bahan komposit dengan foto struktur mikro . Bahan yang digunakan dalam penel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KURNIAWAN, RONY
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10082/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994983682375680
author KURNIAWAN, RONY
author_facet KURNIAWAN, RONY
author_sort KURNIAWAN, RONY
collection ePrints
description Tujuan penelitian pembuatan rem komposit kereta api menggunakan pasir besi non ferro ini untuk mengetahui keausan bahan komposit rem kereta api, mengetahui kekerasan bahan komposit rem kereta api dan mengetahui sifat fisis bahan komposit dengan foto struktur mikro . Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk pasir besi non ferro dengan variasi Mesh 60, 80, 100 menggantikan bahan logam agar mengurangi kerusakan roda kereta api dan tidak memercikkan api saat pengereman. Menggunakan Fraksi Berat 50% Pasir Besi Non Ferro + 10% PET + 10% Asbes + 30% Epoxy Resin. Asbes adalah bentuk serat mineral-mineral silika pembentuk batuan. Serbuk Polyethylene terephthalate jenis resin polyester digunakan dalam serat sintetis berisi unsur karbon kimia hidrogen dan oksigen akan meleleh saat proses sintering, berpengaruh pada kerapatan campuran bahan penyusun, dan sebagai bahan pengikat menggunakan epoxy resin dengan melting point 160ºC. Dicetak dengan kompaksi 500 Kg/mm2 selama 15 menit, disintering dengan suhu 250 oC selama 60 menit dengan oven. Kemudian dilakukan uji kekerasan dengan metode Brinell (DIN 50-351), uji keausan Ogoshi Type OAT-U dan foto struktur mikro. Dari hasil penelitian ini didapatkan harga keausan untuk Mesh 60 Ws 5x10mm2/Kg, Mesh 80 Ws 6x10mm2/Kg, Mesh 100 Ws 1x10mm2/Kg dan kampas rem merk Fituris sebagai pembanding Ws 3x10mm2/Kg. Pada uji kekerasan didapatkan hasil untuk mesh 60 diperoleh HB 18,982 Kg/mm2 , Mesh 80 HB 15,952Kg/mm2, Mesh 100 HB 15,501 Kg/mm2, kampas rem merk Fituris sebagai pembanding HB 9,903 Kg/mm2 . Hasil foto struktur mikro dari ketiga macam variasi ukuran mesh 60, 80, 100 dapat terlihat perbedaannya dengan jelas dan bahan penyusunnya dapat menutupi rongga-rongga yang kosong pada spesimen kampas rem sehingga kampas semakin padat.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10082
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10082 https://eprints.ums.ac.id/10082/ PENELITIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO KURNIAWAN, RONY TJ Mechanical engineering and machinery Tujuan penelitian pembuatan rem komposit kereta api menggunakan pasir besi non ferro ini untuk mengetahui keausan bahan komposit rem kereta api, mengetahui kekerasan bahan komposit rem kereta api dan mengetahui sifat fisis bahan komposit dengan foto struktur mikro . Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk pasir besi non ferro dengan variasi Mesh 60, 80, 100 menggantikan bahan logam agar mengurangi kerusakan roda kereta api dan tidak memercikkan api saat pengereman. Menggunakan Fraksi Berat 50% Pasir Besi Non Ferro + 10% PET + 10% Asbes + 30% Epoxy Resin. Asbes adalah bentuk serat mineral-mineral silika pembentuk batuan. Serbuk Polyethylene terephthalate jenis resin polyester digunakan dalam serat sintetis berisi unsur karbon kimia hidrogen dan oksigen akan meleleh saat proses sintering, berpengaruh pada kerapatan campuran bahan penyusun, dan sebagai bahan pengikat menggunakan epoxy resin dengan melting point 160ºC. Dicetak dengan kompaksi 500 Kg/mm2 selama 15 menit, disintering dengan suhu 250 oC selama 60 menit dengan oven. Kemudian dilakukan uji kekerasan dengan metode Brinell (DIN 50-351), uji keausan Ogoshi Type OAT-U dan foto struktur mikro. Dari hasil penelitian ini didapatkan harga keausan untuk Mesh 60 Ws 5x10mm2/Kg, Mesh 80 Ws 6x10mm2/Kg, Mesh 100 Ws 1x10mm2/Kg dan kampas rem merk Fituris sebagai pembanding Ws 3x10mm2/Kg. Pada uji kekerasan didapatkan hasil untuk mesh 60 diperoleh HB 18,982 Kg/mm2 , Mesh 80 HB 15,952Kg/mm2, Mesh 100 HB 15,501 Kg/mm2, kampas rem merk Fituris sebagai pembanding HB 9,903 Kg/mm2 . Hasil foto struktur mikro dari ketiga macam variasi ukuran mesh 60, 80, 100 dapat terlihat perbedaannya dengan jelas dan bahan penyusunnya dapat menutupi rongga-rongga yang kosong pada spesimen kampas rem sehingga kampas semakin padat. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10082/1/D200040085.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10082/4/D200040085.pdf KURNIAWAN, RONY (2010) PENELITIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200040085
spellingShingle TJ Mechanical engineering and machinery
KURNIAWAN, RONY
PENELITIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO
title PENELITIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO
title_full PENELITIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO
title_fullStr PENELITIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO
title_full_unstemmed PENELITIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO
title_short PENELITIAN PEMBUATAN REM KOMPOSIT KERETA API MENGGUNAKAN SERBUK PASIR BESI NON FERRO
title_sort penelitian pembuatan rem komposit kereta api menggunakan serbuk pasir besi non ferro
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url https://eprints.ums.ac.id/10082/
work_keys_str_mv AT kurniawanrony penelitianpembuatanremkompositkeretaapimenggunakanserbukpasirbesinonferro