Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Velg Mobil Berbahan Aluminium terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan TIG

Pada velg sering terjadi retak akibat benturan, sehingga perlu dilakukan pengelasan. Tujuan penelitian tentang sambungan las pada velg mobil ini untuk mengetahui komposisi kimia bahan, struktur mikro pada daerah logam induk, HAZ, dan logam las, serta membandingkan kekuatan tarik dan kekuatan impak s...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HARYANTO, DIDIK
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10069/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994980106731520
author HARYANTO, DIDIK
author_facet HARYANTO, DIDIK
author_sort HARYANTO, DIDIK
collection ePrints
description Pada velg sering terjadi retak akibat benturan, sehingga perlu dilakukan pengelasan. Tujuan penelitian tentang sambungan las pada velg mobil ini untuk mengetahui komposisi kimia bahan, struktur mikro pada daerah logam induk, HAZ, dan logam las, serta membandingkan kekuatan tarik dan kekuatan impak sebelum dan sesudah dilas. Bahan yang dipakai pada penelitian ini berupa velg mobil aluminium paduan bekas pakai. Pada pengujian ini spesimen dibedakan menurut spesimen potongan utuh dan spesimen potongan yang dilas dengan metode las TIG dengan sambungan kampuh V. Pengujian yang dilakukan antara lain uji komposisi kimia bahan (ASTM E1251), struktur mikro (ASTM E3), kekuatan tarik (AWS B4.0-92) dan kekuatan impak (ASTM E 23). Dari penelitian diketahui komposisi kimia Al (92,70%), Si (5,54%), Fe (0,7%), Cu (0,0833%), Mn (0,0864%), Mg (0,106%), Cr (0,0269%), Ni (0,0266%), Zn (0,377%), Sn (0,023%), Ti (0,167%), Pb (0,117%), Ca (0,0265%), V(0,0144%) dan Zr (0,0142%). Pada struktur mikro diperoleh fasa berupa matriks Al (kelabu) dan Si pada logam induk dan daerah HAZ, sedangkan pada logam las terdapat matriks Al dan sedikit Mg. Pada uji impak diketahui kekuatan impak rata-rata spesimen yang dilas lebih tinggi yaitu sebesar 0,119 J/mm2, sedangkan tanpa las 0,071 J/mm2. Sebaliknya pada uji tarik kekuatan tarik spesimen tanpa las justru lebih tinggi dibandingkan dengan yang dilas. Kekuatan tarik spesimen ‘tanpa las’ sebesar 132,74 MPa, sedangkan ‘dengan dilas’ 128,53 kg/mm2.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10069
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10069 https://eprints.ums.ac.id/10069/ Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Velg Mobil Berbahan Aluminium terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan TIG HARYANTO, DIDIK TJ Mechanical engineering and machinery Pada velg sering terjadi retak akibat benturan, sehingga perlu dilakukan pengelasan. Tujuan penelitian tentang sambungan las pada velg mobil ini untuk mengetahui komposisi kimia bahan, struktur mikro pada daerah logam induk, HAZ, dan logam las, serta membandingkan kekuatan tarik dan kekuatan impak sebelum dan sesudah dilas. Bahan yang dipakai pada penelitian ini berupa velg mobil aluminium paduan bekas pakai. Pada pengujian ini spesimen dibedakan menurut spesimen potongan utuh dan spesimen potongan yang dilas dengan metode las TIG dengan sambungan kampuh V. Pengujian yang dilakukan antara lain uji komposisi kimia bahan (ASTM E1251), struktur mikro (ASTM E3), kekuatan tarik (AWS B4.0-92) dan kekuatan impak (ASTM E 23). Dari penelitian diketahui komposisi kimia Al (92,70%), Si (5,54%), Fe (0,7%), Cu (0,0833%), Mn (0,0864%), Mg (0,106%), Cr (0,0269%), Ni (0,0266%), Zn (0,377%), Sn (0,023%), Ti (0,167%), Pb (0,117%), Ca (0,0265%), V(0,0144%) dan Zr (0,0142%). Pada struktur mikro diperoleh fasa berupa matriks Al (kelabu) dan Si pada logam induk dan daerah HAZ, sedangkan pada logam las terdapat matriks Al dan sedikit Mg. Pada uji impak diketahui kekuatan impak rata-rata spesimen yang dilas lebih tinggi yaitu sebesar 0,119 J/mm2, sedangkan tanpa las 0,071 J/mm2. Sebaliknya pada uji tarik kekuatan tarik spesimen tanpa las justru lebih tinggi dibandingkan dengan yang dilas. Kekuatan tarik spesimen ‘tanpa las’ sebesar 132,74 MPa, sedangkan ‘dengan dilas’ 128,53 kg/mm2. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10069/1/D200010129.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10069/4/D200010129.pdf HARYANTO, DIDIK (2010) Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Velg Mobil Berbahan Aluminium terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan TIG. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200010129
spellingShingle TJ Mechanical engineering and machinery
HARYANTO, DIDIK
Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Velg Mobil Berbahan Aluminium terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan TIG
title Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Velg Mobil Berbahan Aluminium terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan TIG
title_full Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Velg Mobil Berbahan Aluminium terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan TIG
title_fullStr Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Velg Mobil Berbahan Aluminium terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan TIG
title_full_unstemmed Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Velg Mobil Berbahan Aluminium terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan TIG
title_short Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Velg Mobil Berbahan Aluminium terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan TIG
title_sort penelitian kekuatan sambungan las pada velg mobil berbahan aluminium terhadap sifat fisis dan mekanis dengan metode pengelasan tig
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url https://eprints.ums.ac.id/10069/
work_keys_str_mv AT haryantodidik penelitiankekuatansambunganlaspadavelgmobilberbahanaluminiumterhadapsifatfisisdanmekanisdenganmetodepengelasantig