Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Plat untuk Dek Kapal Berbahan Plat Baja terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan MIG
Tujuan penelitian tentang sambungan las MIG baja paduan pada dek kapal ini untuk mengetahui komposisi kimia bahan, kekuatan tarik, kekuatan bending dan struktur mikro pada daerah logam induk, HAZ, dan daerah logam las. Bahan yang dipakai pada penelitian ini berupa plat baja paduan mangan dengan t...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/10068/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994979833053184 |
---|---|
author | SULTON, MUHAMMAD |
author_facet | SULTON, MUHAMMAD |
author_sort | SULTON, MUHAMMAD |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian tentang sambungan las MIG baja paduan pada dek kapal ini untuk mengetahui komposisi kimia bahan, kekuatan tarik, kekuatan bending dan struktur mikro pada daerah logam induk, HAZ, dan daerah logam las.
Bahan yang dipakai pada penelitian ini berupa plat baja paduan mangan dengan tebal 10 mm.Tiap spesimen dilas dengan menggunakan las MIG dengan pelindung gas CO2, dengan tipe sambungan kampuh V (70°). Pengujian yang dilakukan antara lain uji komposisi kimia bahan (ASTM A 751), uji struktur mikro (ASTM E3) pada bagian las, HAZ, dan logam induk, serta kekuatan tarik (ASTM A 488) dan kekuatan bending (ASTM E 190) sambungan las. Untuk uji bending digunakan metode three point.
Dari penelitian diketahui bahan plat berupa baja paduan rendah dengan kadar Fe (98,33%), Mn (0,867%), Si (0,180%), Cu (0,138%), C (0,109%), P (0,050%), S (0,033%), Al (0,037%), B (0,0012%), Nb (0,007%), Sn (0,013%) dan Ti (0,038%). Pada struktur mikro diperoleh fasa ferit (terang) dan perlit (gelap) pada logam induk, daerah HAZ, maupun logam las. Pada uji tarik diperoleh kekuatan tarik rata-rata sebesar 490,175 MPa, dengan perpanjangan regangan 18,41%. Kekuatan bending rata-rata sebesar 1090,78 MPa, dengan pergerakan loading nose rata-rata sebesar 28,34 mm.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:10068 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:10068 https://eprints.ums.ac.id/10068/ Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Plat untuk Dek Kapal Berbahan Plat Baja terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan MIG SULTON, MUHAMMAD TJ Mechanical engineering and machinery Tujuan penelitian tentang sambungan las MIG baja paduan pada dek kapal ini untuk mengetahui komposisi kimia bahan, kekuatan tarik, kekuatan bending dan struktur mikro pada daerah logam induk, HAZ, dan daerah logam las. Bahan yang dipakai pada penelitian ini berupa plat baja paduan mangan dengan tebal 10 mm.Tiap spesimen dilas dengan menggunakan las MIG dengan pelindung gas CO2, dengan tipe sambungan kampuh V (70°). Pengujian yang dilakukan antara lain uji komposisi kimia bahan (ASTM A 751), uji struktur mikro (ASTM E3) pada bagian las, HAZ, dan logam induk, serta kekuatan tarik (ASTM A 488) dan kekuatan bending (ASTM E 190) sambungan las. Untuk uji bending digunakan metode three point. Dari penelitian diketahui bahan plat berupa baja paduan rendah dengan kadar Fe (98,33%), Mn (0,867%), Si (0,180%), Cu (0,138%), C (0,109%), P (0,050%), S (0,033%), Al (0,037%), B (0,0012%), Nb (0,007%), Sn (0,013%) dan Ti (0,038%). Pada struktur mikro diperoleh fasa ferit (terang) dan perlit (gelap) pada logam induk, daerah HAZ, maupun logam las. Pada uji tarik diperoleh kekuatan tarik rata-rata sebesar 490,175 MPa, dengan perpanjangan regangan 18,41%. Kekuatan bending rata-rata sebesar 1090,78 MPa, dengan pergerakan loading nose rata-rata sebesar 28,34 mm. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10068/2/D200010120.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10068/1/D200010120.pdf SULTON, MUHAMMAD (2010) Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Plat untuk Dek Kapal Berbahan Plat Baja terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan MIG. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200010120 |
spellingShingle | TJ Mechanical engineering and machinery SULTON, MUHAMMAD Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Plat untuk Dek Kapal Berbahan Plat Baja terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan MIG |
title | Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Plat untuk Dek Kapal Berbahan Plat Baja terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan MIG
|
title_full | Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Plat untuk Dek Kapal Berbahan Plat Baja terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan MIG
|
title_fullStr | Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Plat untuk Dek Kapal Berbahan Plat Baja terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan MIG
|
title_full_unstemmed | Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Plat untuk Dek Kapal Berbahan Plat Baja terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan MIG
|
title_short | Penelitian Kekuatan Sambungan Las pada Plat untuk Dek Kapal Berbahan Plat Baja terhadap Sifat Fisis dan Mekanis dengan Metode Pengelasan MIG
|
title_sort | penelitian kekuatan sambungan las pada plat untuk dek kapal berbahan plat baja terhadap sifat fisis dan mekanis dengan metode pengelasan mig |
topic | TJ Mechanical engineering and machinery |
url | https://eprints.ums.ac.id/10068/ |
work_keys_str_mv | AT sultonmuhammad penelitiankekuatansambunganlaspadaplatuntukdekkapalberbahanplatbajaterhadapsifatfisisdanmekanisdenganmetodepengelasanmig |