PEMBUATAN DAN PENGUJIAN SIFAT FISIS DAN MEKANIS KAMPAS REM DENGAN BAHAN DASAR SERBUK Al, ARANG TEMPURUNG KELAPA DENGAN MATRIKS EPOXY

Kampas rem merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan khususnya kendaraan darat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variasi komposisi serbuk Al, arang tempurung kelapa dan matrik epoxy terhadap kekerasan, keausan,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wahyudi, Tri
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10067/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kampas rem merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan khususnya kendaraan darat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh variasi komposisi serbuk Al, arang tempurung kelapa dan matrik epoxy terhadap kekerasan, keausan, struktur mikro, dan harga berat jenis spesimen kampas rem. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk alumunium, arang tempurung kelapa dan epoxy dengan katalis sebagai pengikatnya. Pembuatan kampas rem dipress dengan beban 2,5 ton selama 10 menit, dioven selama 45 menit dengan temperatur 200C. Pengujian yang dilakukan meliputi uji kekerasan brinel, dan uji keausan Oghosi. Dari data hasil penelitian uji kekerasan dan keausan diketahui bahwa serbuk alumunium dan serbuk arang tempurung kelapa mempengaruhi harga kekerasan dan keausan spesiman kampas, dimana dari serbuk alumunium yang divariasikan sebesar 60%, 50%, 40%, dan 30% yang paling baik yaitu serbuk alumunium 60%. Sedangkan serbuk arang tempurung kelapa yang divariasikan sebesar 30%, 40%, 50% dan 60% yang paling optimum yaitu serbu karbon 30%. Jadi komposisi yang akan akan diaplikasikan sebagai kampas rem yaitu 60% serbuk alumunium 30% serbuk arang tempurung kelapa dan 10% epoxy dengan harga kekerasan 8,65 kg/mm2 dan harga keausan 0,000001362 mm2/kg.