ALTERNATIF PERENCANAAN JALAN BARU PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DENGAN METODE AASHTO 1993 DAN ROAD NOTE 31 (STUDI KASUS : JALAN LINGKAR SELATAN GIRIWOYO – GLONGGONG PAKET 4 WONOGIRI)

Seiring dengan bertambahnya kepemilikan kendaraan berat yang terkadang tidak konsisten dengan bobot maksimum kendaraan yang telah ditetapkan sesuai dengan klasifikasi jalan raya, sehingga banyak kondisi jalan yang tidak memenuhi syarat kelayakan jalan karena banyak yang rusak, tidak mampu menampung...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PURWANTO, EDY
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10061/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994977891090432
author PURWANTO, EDY
author_facet PURWANTO, EDY
author_sort PURWANTO, EDY
collection ePrints
description Seiring dengan bertambahnya kepemilikan kendaraan berat yang terkadang tidak konsisten dengan bobot maksimum kendaraan yang telah ditetapkan sesuai dengan klasifikasi jalan raya, sehingga banyak kondisi jalan yang tidak memenuhi syarat kelayakan jalan karena banyak yang rusak, tidak mampu menampung kebutuhan lalulintas yang ada. Dengan adanya alternatif perencanaan perkerasan lentur pada ruas jalan Giriwoyo - Glonggong ini diharapkan dapat memberikan hasil struktur perkerasan yang optimal serta efisien dari segi biaya dan kekuatan struktur, sehingga mampu melayani para pengguna jalan hingga mencapai umur rencananya. Metode alternatif yang digunakan dalam perencanaan tebal perkerasan lentur di ruas jalan Giriwoyo - Glonggong menggunakan metode AASHTO 1993 dan Road Note 31. Data - data pendukung seperti data lalu lintas harian rata - rata (LHR), data CBR, peta lokasi, dan lain sebagainya diperoleh dari Dinas Bina Marga Jawa Tengah. Hasil perhitungan untuk merencanakan tebal perkerasan dari masing - masing metode alternatif yang diusulkan dan kondisi eksisting dapat dilihat pada tabel dibawah ini : Jenis lapisan Eksisting Road Note 31 AASHTO 1993 Lapis permukaan Lapis pondasi atas (LPA) Lapis Pondasi bawah (LPB) 6 cm 8 cm 20 cm 5 cm 15 cm 34 cm 16,25 cm 8,75 cm 42,5 cm Dengan membandingkan dua metode alternatif yang digunakan dengan kondisi eksisting maka berurutan didapatkan tebal perkerasan dari yang paling tipis hingga yang paling tebal yaitu kondisi eksisting ekivalen terhadap 15 cm beton aspal, Road Note 31 ekivalen terhadap 21,5 cm beton aspal dan AASHTO 1993 ekivalen terhadap 33 cm beton aspal.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10061
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10061 https://eprints.ums.ac.id/10061/ ALTERNATIF PERENCANAAN JALAN BARU PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DENGAN METODE AASHTO 1993 DAN ROAD NOTE 31 (STUDI KASUS : JALAN LINGKAR SELATAN GIRIWOYO – GLONGGONG PAKET 4 WONOGIRI) PURWANTO, EDY TA Civil Engineering Seiring dengan bertambahnya kepemilikan kendaraan berat yang terkadang tidak konsisten dengan bobot maksimum kendaraan yang telah ditetapkan sesuai dengan klasifikasi jalan raya, sehingga banyak kondisi jalan yang tidak memenuhi syarat kelayakan jalan karena banyak yang rusak, tidak mampu menampung kebutuhan lalulintas yang ada. Dengan adanya alternatif perencanaan perkerasan lentur pada ruas jalan Giriwoyo - Glonggong ini diharapkan dapat memberikan hasil struktur perkerasan yang optimal serta efisien dari segi biaya dan kekuatan struktur, sehingga mampu melayani para pengguna jalan hingga mencapai umur rencananya. Metode alternatif yang digunakan dalam perencanaan tebal perkerasan lentur di ruas jalan Giriwoyo - Glonggong menggunakan metode AASHTO 1993 dan Road Note 31. Data - data pendukung seperti data lalu lintas harian rata - rata (LHR), data CBR, peta lokasi, dan lain sebagainya diperoleh dari Dinas Bina Marga Jawa Tengah. Hasil perhitungan untuk merencanakan tebal perkerasan dari masing - masing metode alternatif yang diusulkan dan kondisi eksisting dapat dilihat pada tabel dibawah ini : Jenis lapisan Eksisting Road Note 31 AASHTO 1993 Lapis permukaan Lapis pondasi atas (LPA) Lapis Pondasi bawah (LPB) 6 cm 8 cm 20 cm 5 cm 15 cm 34 cm 16,25 cm 8,75 cm 42,5 cm Dengan membandingkan dua metode alternatif yang digunakan dengan kondisi eksisting maka berurutan didapatkan tebal perkerasan dari yang paling tipis hingga yang paling tebal yaitu kondisi eksisting ekivalen terhadap 15 cm beton aspal, Road Note 31 ekivalen terhadap 21,5 cm beton aspal dan AASHTO 1993 ekivalen terhadap 33 cm beton aspal. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10061/1/D100050037.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10061/3/D100050037.pdf PURWANTO, EDY (2010) ALTERNATIF PERENCANAAN JALAN BARU PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DENGAN METODE AASHTO 1993 DAN ROAD NOTE 31 (STUDI KASUS : JALAN LINGKAR SELATAN GIRIWOYO – GLONGGONG PAKET 4 WONOGIRI). Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D100050037
spellingShingle TA Civil Engineering
PURWANTO, EDY
ALTERNATIF PERENCANAAN JALAN BARU PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DENGAN METODE AASHTO 1993 DAN ROAD NOTE 31 (STUDI KASUS : JALAN LINGKAR SELATAN GIRIWOYO – GLONGGONG PAKET 4 WONOGIRI)
title ALTERNATIF PERENCANAAN JALAN BARU PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DENGAN METODE AASHTO 1993 DAN ROAD NOTE 31 (STUDI KASUS : JALAN LINGKAR SELATAN GIRIWOYO – GLONGGONG PAKET 4 WONOGIRI)
title_full ALTERNATIF PERENCANAAN JALAN BARU PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DENGAN METODE AASHTO 1993 DAN ROAD NOTE 31 (STUDI KASUS : JALAN LINGKAR SELATAN GIRIWOYO – GLONGGONG PAKET 4 WONOGIRI)
title_fullStr ALTERNATIF PERENCANAAN JALAN BARU PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DENGAN METODE AASHTO 1993 DAN ROAD NOTE 31 (STUDI KASUS : JALAN LINGKAR SELATAN GIRIWOYO – GLONGGONG PAKET 4 WONOGIRI)
title_full_unstemmed ALTERNATIF PERENCANAAN JALAN BARU PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DENGAN METODE AASHTO 1993 DAN ROAD NOTE 31 (STUDI KASUS : JALAN LINGKAR SELATAN GIRIWOYO – GLONGGONG PAKET 4 WONOGIRI)
title_short ALTERNATIF PERENCANAAN JALAN BARU PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DENGAN METODE AASHTO 1993 DAN ROAD NOTE 31 (STUDI KASUS : JALAN LINGKAR SELATAN GIRIWOYO – GLONGGONG PAKET 4 WONOGIRI)
title_sort alternatif perencanaan jalan baru perkerasan lentur flexible pavement dengan metode aashto 1993 dan road note 31 studi kasus jalan lingkar selatan giriwoyo glonggong paket 4 wonogiri
topic TA Civil Engineering
url https://eprints.ums.ac.id/10061/
work_keys_str_mv AT purwantoedy alternatifperencanaanjalanbaruperkerasanlenturflexiblepavementdenganmetodeaashto1993danroadnote31studikasusjalanlingkarselatangiriwoyoglonggongpaket4wonogiri