EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT NIRMALA SURI SUKOHARJO

Rumah sakit selaku penyedia jasa dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dibanding rumah sakit yang lain agar kepuasan pasien tercapai. Salah satu aspek yang perlu ditingkatkan kualitasnya adalah pelayanan di bidang farmasi. Sebagai pengguna jasa, konsumen menuntut adanya peningkatan mut...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRATIWI, PRATIWI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10042/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994971030257664
author PRATIWI, PRATIWI
author_facet PRATIWI, PRATIWI
author_sort PRATIWI, PRATIWI
collection ePrints
description Rumah sakit selaku penyedia jasa dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dibanding rumah sakit yang lain agar kepuasan pasien tercapai. Salah satu aspek yang perlu ditingkatkan kualitasnya adalah pelayanan di bidang farmasi. Sebagai pengguna jasa, konsumen menuntut adanya peningkatan mutu pelayanan kesehatan sehingga jarak antara harapan dan kinerja mengenai pelayanan kesehatan semakin dekat. Tujuan dari penelitian ini mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan secara survey lapangan dengan alat kuesioner. Respondennya adalah pasien rawat jalan yang sedang merasakan pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo. Teknik pengambilan sampelnya yaitu purposive sampling. Analisis datanya diatur dengan skala likert. Kepuasan responden diukur dengan membandingkan antara kinerja dengan harapan responden, hasil pembagian tersebut dihubungkan dengan kategori tingkat kepuasan. Selanjutnya hasil perbandingan antara kinerja dan harapan dianalisis dengan metode Importance Performance Analysis dalam diagram Cartecius. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo menunjukkan bahwa 92,0% responden dengan rata-rata tingkat kepuasan responden sebesar 0,87 adalah dalam kategori puas.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10042
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10042 https://eprints.ums.ac.id/10042/ EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT NIRMALA SURI SUKOHARJO PRATIWI, PRATIWI RS Pharmacy and materia medica Rumah sakit selaku penyedia jasa dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dibanding rumah sakit yang lain agar kepuasan pasien tercapai. Salah satu aspek yang perlu ditingkatkan kualitasnya adalah pelayanan di bidang farmasi. Sebagai pengguna jasa, konsumen menuntut adanya peningkatan mutu pelayanan kesehatan sehingga jarak antara harapan dan kinerja mengenai pelayanan kesehatan semakin dekat. Tujuan dari penelitian ini mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan secara survey lapangan dengan alat kuesioner. Respondennya adalah pasien rawat jalan yang sedang merasakan pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo. Teknik pengambilan sampelnya yaitu purposive sampling. Analisis datanya diatur dengan skala likert. Kepuasan responden diukur dengan membandingkan antara kinerja dengan harapan responden, hasil pembagian tersebut dihubungkan dengan kategori tingkat kepuasan. Selanjutnya hasil perbandingan antara kinerja dan harapan dianalisis dengan metode Importance Performance Analysis dalam diagram Cartecius. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo menunjukkan bahwa 92,0% responden dengan rata-rata tingkat kepuasan responden sebesar 0,87 adalah dalam kategori puas. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10042/1/K100060070.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10042/4/K100060070.pdf PRATIWI, PRATIWI (2010) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT NIRMALA SURI SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . K100060070
spellingShingle RS Pharmacy and materia medica
PRATIWI, PRATIWI
EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT NIRMALA SURI SUKOHARJO
title EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT NIRMALA SURI SUKOHARJO
title_full EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT NIRMALA SURI SUKOHARJO
title_fullStr EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT NIRMALA SURI SUKOHARJO
title_full_unstemmed EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT NIRMALA SURI SUKOHARJO
title_short EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT NIRMALA SURI SUKOHARJO
title_sort evaluasi tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan di instalasi farmasi rumah sakit nirmala suri sukoharjo
topic RS Pharmacy and materia medica
url https://eprints.ums.ac.id/10042/
work_keys_str_mv AT pratiwipratiwi evaluasitingkatkepuasanpasienrawatjalanterhadapkualitaspelayanandiinstalasifarmasirumahsakitnirmalasurisukoharjo