PENGGUNAAN MEDIA DAN ALAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH (Studi Kasus di Kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010)

Media memberikan banyak pengaruh pada dunia pendidikan. Wujudnya yang berupa elektronik, telah menjelma menjadi media pembelajaran yang membantu membawakan pesan pengetahuan kepada siswa. Kesesuaian media dengan tujuan yang akan raih dalam pembelajaran merupakan suatu hal yang harus dipenuhi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AMINAN , AMINAN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/10015/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994962756993024
author AMINAN , AMINAN
author_facet AMINAN , AMINAN
author_sort AMINAN , AMINAN
collection ePrints
description Media memberikan banyak pengaruh pada dunia pendidikan. Wujudnya yang berupa elektronik, telah menjelma menjadi media pembelajaran yang membantu membawakan pesan pengetahuan kepada siswa. Kesesuaian media dengan tujuan yang akan raih dalam pembelajaran merupakan suatu hal yang harus dipenuhi. Selain itu, pembelajaran akan lebih efektif, jika siswa dihadapkan kepada pengalaman belajar secara langsung melalui peragaan alat bantu. Untuk itu, guru sebagai fasilitator dituntut untuk mampu menggunakan media dan alat pembelajaran. Oleh karena itu penelitian tentang penggunaan media dan alat dalam pembelajaran Fikih menjadi penting untuk dilakukan. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat ditarik sebuah rumusan masalah yaitu, bagaimana cara penggunaan media dan alat dalam proses pembelajaran Fikih di kelas VIII SM Al Firdaus Surakarta? Sebagaimana rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tata cara penggunaan media dan alat dalam proses pembelajaran Fikih di kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta. Adapun manfaat penelitian ini, dapat menambah khazanah keilmuan dalam penggunaan media dan alat dalam pembelajaran Fikih, serta dapat menjadi masukan bagi guru tentang pengunaaan media dan alat pembelajaran yang tepat bagi siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis datanya adalah menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunaan media dan alat dalam pembelajaran Fikih di kelas VIII B SM Al Firdaus, guru menggunakan pola terkontrol di luar kelas, yaitu di ruang perpustakaan dan mushalla sekolah. Guna mencapai tujuan pembelajaran, guru melaksanakan tiga langkah/cara dalam menggunakan media dan alat, yaitu (1) Persiapan, yaitu dengan pembukaan, penyampaian tujuan pembelajaran persiapan alat dan suasana pembelajaran; (2) Kegiatan inti penggunaan media dan alat, yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan pemutaran media VCD Tata Cara Penyelenggaraan Jenazah dan peragaan mengafani dan menyalatkan jenazah, pengaturan penggunaannya dan kontrol suasana pembelajaran; (3) Kegiatan akhir, yaitu tugas refleksi, demonstrasi peragaan siswa dan penutup. Penggunaan media dan alat dalam proses pembelajaran Fikih di kelas VIII B SM Al Firdaus telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan cara penggunaan media dan alat pembelajaran.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:10015
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:10015 https://eprints.ums.ac.id/10015/ PENGGUNAAN MEDIA DAN ALAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH (Studi Kasus di Kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010) AMINAN , AMINAN BP Bahaism. Theosophy, etc Media memberikan banyak pengaruh pada dunia pendidikan. Wujudnya yang berupa elektronik, telah menjelma menjadi media pembelajaran yang membantu membawakan pesan pengetahuan kepada siswa. Kesesuaian media dengan tujuan yang akan raih dalam pembelajaran merupakan suatu hal yang harus dipenuhi. Selain itu, pembelajaran akan lebih efektif, jika siswa dihadapkan kepada pengalaman belajar secara langsung melalui peragaan alat bantu. Untuk itu, guru sebagai fasilitator dituntut untuk mampu menggunakan media dan alat pembelajaran. Oleh karena itu penelitian tentang penggunaan media dan alat dalam pembelajaran Fikih menjadi penting untuk dilakukan. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat ditarik sebuah rumusan masalah yaitu, bagaimana cara penggunaan media dan alat dalam proses pembelajaran Fikih di kelas VIII SM Al Firdaus Surakarta? Sebagaimana rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tata cara penggunaan media dan alat dalam proses pembelajaran Fikih di kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta. Adapun manfaat penelitian ini, dapat menambah khazanah keilmuan dalam penggunaan media dan alat dalam pembelajaran Fikih, serta dapat menjadi masukan bagi guru tentang pengunaaan media dan alat pembelajaran yang tepat bagi siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis datanya adalah menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penggunaan media dan alat dalam pembelajaran Fikih di kelas VIII B SM Al Firdaus, guru menggunakan pola terkontrol di luar kelas, yaitu di ruang perpustakaan dan mushalla sekolah. Guna mencapai tujuan pembelajaran, guru melaksanakan tiga langkah/cara dalam menggunakan media dan alat, yaitu (1) Persiapan, yaitu dengan pembukaan, penyampaian tujuan pembelajaran persiapan alat dan suasana pembelajaran; (2) Kegiatan inti penggunaan media dan alat, yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan pemutaran media VCD Tata Cara Penyelenggaraan Jenazah dan peragaan mengafani dan menyalatkan jenazah, pengaturan penggunaannya dan kontrol suasana pembelajaran; (3) Kegiatan akhir, yaitu tugas refleksi, demonstrasi peragaan siswa dan penutup. Penggunaan media dan alat dalam proses pembelajaran Fikih di kelas VIII B SM Al Firdaus telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan cara penggunaan media dan alat pembelajaran. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10015/1/G000080150.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/10015/2/G000080150.pdf AMINAN , AMINAN (2010) PENGGUNAAN MEDIA DAN ALAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH (Studi Kasus di Kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . G000080150
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
AMINAN , AMINAN
PENGGUNAAN MEDIA DAN ALAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH (Studi Kasus di Kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010)
title PENGGUNAAN MEDIA DAN ALAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH (Studi Kasus di Kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010)
title_full PENGGUNAAN MEDIA DAN ALAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH (Studi Kasus di Kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010)
title_fullStr PENGGUNAAN MEDIA DAN ALAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH (Studi Kasus di Kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010)
title_full_unstemmed PENGGUNAAN MEDIA DAN ALAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH (Studi Kasus di Kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010)
title_short PENGGUNAAN MEDIA DAN ALAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIKIH (Studi Kasus di Kelas VIII B SM Al Firdaus Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010)
title_sort penggunaan media dan alat dalam proses pembelajaran fikih studi kasus di kelas viii b sm al firdaus surakarta tahun pelajaran 2009 2010
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
url https://eprints.ums.ac.id/10015/
work_keys_str_mv AT aminanaminan penggunaanmediadanalatdalamprosespembelajaranfikihstudikasusdikelasviiibsmalfirdaussurakartatahunpelajaran20092010